Petani Kopi Pagaralam Kini Tak Pusing Lagi, Dapat Bantuan Mesin Huller, 2 Jam Mampu Giling 1 Ton Kopi

Petani Kopi Pagaralam Kini Tak Pusing Lagi, Dapat Bantuan Mesin Huller, 2 Jam Mampu Giling 1 Ton Kopi

Anggota Poktan penerima mengambil mesin Huller di Kantor Dinas Pertanian Kota Pagaralam. Foto: dokumen/pagaralam pos--

Petani Kopi Pagaralam Kini Tak Pusing Lagi, Dapat Bantuan Mesin Huller, 2 Jam Mampu Giling 1 Ton Kopi

PAGARALAM, SUMEKS.CO - Anggota Kelompok Tani (Poktan) penerima bantuan alsintan berupa mesin huller yang disalurkan Pemkot Pagaralam melalui Dinas Pertanian sangat mengapresiasi. 

Pasalnya, masih ada kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan mesin pengolahan pascapanen kopi.

Hal ini diutarakan Rawi, salah satu anggota Poktan asal Dusun Rempasai Kecamatan Dempo Selatan, jika kelompoknya sama sekali belum mendapat bantuan mesin huller untuk pengupasan biji kopi kering ini.

"Sebelumnya kita belum ada, sekarang kelompok kita sudah mendapatkan bantuan satu unit mesin huller dari Dinas Pertanian Kota Pagaralam,” katanya, dikutip pagaralampos.bacakoran.co, Rabu 12 Juli 2023.

BACA JUGA:Akhirnya Petani Kopi di Kota Pagaralam Tersenyum, Harga Kopi Tembus Rp37.000 Per Kilogram

Dikatakannya, bantuan itu diambil ke Kantor Dinas Pertanian di Gunung Gare dan tidak hanya kita, juga poktan lainnnya,” imbuhnya.

Hal serupa disampaikan Rahwidi, Ketua Poktan asal Dusun Bandar Kecamatan Dempo Selatan, dengan adanya bantuan mesin huller ini, maka petani usai panen kopi tak perlu lagi menyewa mesin untuk menutuk (mengupas kulit) biji kopi.

“Jika menyewa mesin harga sewanya 1.000 per Kg atau 10 kg berbanding satu untuk upah sewa mesin. Bayangkan jika, petani mengupah menggiling satu ton biji kopi, upahnya cukup tinggi," jelasnya. 

Sekarang sudah ada mesiin Huller milik kelompok, maka biaya pengolahan biji kopi bisa lebih hemat.

BACA JUGA:Sekolah Kopi: PUPI Cerdas Pusri Tingkatkan Produktivitas Petani Kopi Lampung Barat

Dia menyebutkan, dengan mesin huller bantuan berkapasitas 10,5 DK ini kemampuannya cukup besar.

“Hitungan 2 jam bisa mampu menggiling 1 ton kopi kering, belum lagi mesin merk Yanmar berbahan bakar solar ini juga lebih hemat,” bebernya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pertanian, Dra Suterimawati MM melalui Kabid Perkebunan Diki Herlambang SP mengatakan, adapun penyaluran bantuan mesin Huller merupakan tindak lanjut penyerahan secara simbolis oleh Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni pada Sabtu lalu 8 Juli 2023 di Lapangan Merdeka bersama dengan helatan Festival Coffee Pagar Alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: