Cuaca Ekstrem El Nino, WMO Umumkan Mulai Terjadi Hari Ini

Cuaca Ekstrem El Nino, WMO Umumkan Mulai Terjadi Hari Ini

-istockphoto.com-

Cuaca Ekstrem El Nino, WMO Umumkan Mulai Terjadi Hari Ini

SUMEKS.CO - Fenomena iklim El Nino yang menyebabkan kondisi cuaca ekstrem, Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengumumkan mulai terjadinya hari ini. 

Faktanya, para pejabat memperingatkan bahwa mempersiapkan diri menghadapi peristiwa cuaca ekstrem sangat penting untuk mengatasi dampaknya terhadap kesehatan dan mata pencaharian masyarakat.

Seperti dilansir The Guardian, Kamis 6 Juli 2023, fenomena El Nino baru muncul akibat pemanasan global yang disebabkan oleh emisi karbon dioksida (CO2) yang disebabkan manusia.

Kondisi tersebut secara tidak langsung dapat menyebabkan panas yang ekstrim meskipun suhu tertinggi yang pernah tercatat di daratan dan lautan di seluruh dunia.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Resmikan PTSP Lapas Muara Enim, Berharap Masyarakat Semakin Terlayani Dengan Baik

Menurut WMO, ada peluang 90 persen fenomena El Nino akan berlanjut pada level sedang atau lebih kuat hingga akhir tahun.

Terjadinya El Niño sangat meningkatkan kemungkinan rekor suhu tinggi dan melepaskan panas ekstrem ke sebagian besar  daratan dan lautan.

Pernyataan tersebut diberikan sebagai sinyal kepada pemerintah di seluruh dunia untuk memulai persiapan yang diperlukan.

"Peringatan dini dan tindakan pencegahan untuk menghadapi peristiwa cuaca ekstrem yang terkait dengan fenomena iklim ini sangat penting untuk menyelamatkan nyawa," kata Sekretaris Jenderal WMO Petteri Taalas.

BACA JUGA:Buntut Pamerkan Perhiasan Saat Turun Pesawat dari Haji, Emak-Emak Ini akan Dipanggil Bea Cukai Makassar

Suhu tertinggi diukur dalam beberapa bulan terakhir. Fenomena El Nino yang sebelumnya buruk tercatat  pada tahun 2016, menjadikannya tahun terpanas di dunia.

Bulan lalu, pejabat AS memperkirakan 56 persen kemungkinan terjadinya El Nino yang lebih kuat dan lebih hangat sebelum akhir tahun.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: