Hadapi Pemilu 2024, Polres Muara Enim Gelar Latihan Dalmas dan Sispamkota

Hadapi Pemilu 2024, Polres Muara Enim Gelar Latihan Dalmas dan Sispamkota

LATIHAN : Polres Muara Enim menggelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dan latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di halaman Mapolres Muara Enim.--

Hadapi Pemilu 2024, Polres Muara Enim Gelar Latihan Dalmas dan Sispamkota

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Untuk mengatasi dan menghadapi Pemilu 2024, Polres Muara Enim menggelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dan latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di halaman Mapolres Muara Enim, Rabu 5 Juli 2023.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Muara Enim AKP M Heri Irawan SE dan dihadiri oleh seluruh personel Polres, Sabhara, serta gabungan dari berbagai bagian, satuan, dan unit di Polres Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi melalui Kasat Samapta AKP M Heri Irawan SE, mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dalam pengendalian massa dan profesionalitas personel saat bertugas. 

Latihan ini, kata dia, dimaksudkan untuk mengantisipasi potensi kerawanan Kamtibmas yang mungkin terjadi menjelang Pemilu 2024.

BACA JUGA:Kapolres Muara Enim Perintahkan Bongkar Eks Gudang BBM Ilegal

"Melalui latihan ini, anggota Polres Muara Enim diharapkan dapat mengasah kemampuan dalam menghadapi situasi genting yang mungkin terjadi selama Pemilu 2024," ujarnya.

Dikatakan Heri, latihan Dalmas ini mencakup berbagai aspek, mulai dari tindakan pencegahan, perintah lisan, kendali fisik tanpa senjata, kendali fisik dengan senjata tumpul atau alat lain sesuai standar Polri, hingga kendali dengan senjata api atau alat lain yang dapat menghentikan tindakan atau perilaku pelaku kejahatan atau tersangka yang berpotensi membahayakan anggota Polri atau masyarakat.

Latihan ini merupakan antisipasi terhadap konflik sosial menjelang Pemilu 2024.

Sebagai penegak hukum yang bertugas memelihara Kamtibmas, anggota Polres Muara Enim harus siap dalam melaksanakan tugas guna menjaga situasi yang aman dan kondusif. 

BACA JUGA:KPU OKI Berikan Kesempatan Perbaikan Dokumen Ratusan Bacaleg di OKI Hingga 9 Juli

Kebugaran fisik dan kesehatan anggota juga diingatkan agar tetap terjaga, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Melalui latihan ini, lanjut Heri, tujuan utama adalah agar personel Polres Muara Enim mampu menangani situasi dengan tepat dan menghindari kesalahan prosedur di lapangan.

Latihan ini juga bertujuan untuk melatih fisik dan kesiapan personel saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya. Diharapkan bahwa setiap personel akan selalu siap jika dibutuhkan, dan kemampuan dalam pengendalian massa (Dalmas) akan menjadi kemampuan utama bagi setiap personel Polri.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: