Satu Langka Mengenal ORI, Alat Investasi dengan Keuntungan yang Dijamin Negara

Satu Langka Mengenal ORI, Alat Investasi dengan Keuntungan yang Dijamin Negara

Ilustrasi--dok : sumeks.co

Satu Langka Mengenal ORI, Alat Investasi dengan Keuntungan yang Dijamin Negara

SUMKES.CO - Mari lebih mengenal Obligasi Negara Ritel atau ORI. Yakni salah satu instrumen. Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu.

ORI yakni produk investasi Surat  Berharga Negara. Merupakan jenis investasi dengan tujuan membangun infrastruktur negara dalam waktu tertentu.

ORI telah dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia.  Selain itu ORI  juga mudah diakses, dapat dipastikan aman, sangat terjangkau dan tentu menguntungkan.

Pemerintah telah menerbitkan ORI pertama pada tahun 2006 dengan nama seri ORI01. Kembali pada tahun 2022 pemerintah menerbitkan seri ORI21, dan tahun 2023 tepatnya pada 30 Juni 2023 pemerintah telah resmi mengeluarkan ORI seri terbaru yakni ORI023-T3 dan ORI023-T6.

BACA JUGA:Instrumen Investasi Risiko Rendah, Kementerian Keuangan Resmi Terbitkan ORI023

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia membuka kesempatan untuk seluruh warga negara yang ini berinvestasi dengan ORI melalui mitra distribusi tepercaya.

Kementerian Keuangan Indonesia sejak tahun 2008 telah mempercayai mitra distribusi ORI kepada tanamduit. Untuk itu pemerintah mengingatkan masyarakat yang ingin berinvestasi melalui mitra yang resmi.

Dengan berinvestasi di mitra resmi  juga dapat mempermudah masyarakat karena dapat berinvestasi ORI secara online dan fleksibel.

ORI juga memiliki karakteristik kupon tetap (Fixed Rate), yang dapat digunakan pada investor domestik. Investor dapat membeli produk mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 miliar.

BACA JUGA:5 Cara Memulai Investasi Emas Bagi Pemula, untuk Biaya Pendidikan Anak Hingga Persiapan Hari Tua

Selain itu, ORI memiliki dua keuntungan dibandingkan investasi lainnya.

1. Negara menjamin kupon / Imbal Hasil

Negara memastikan kupon dan pokok telah sesuai berdasarkan peraturan dalam undang-undang SUN.

Tidak hanya sampai situ, Negara juga telah menyiapkan kupon/imban pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) saat setiap tahun.

BACA JUGA:Ganasnya Inflasi! Uang Rp1 juta Tahun 2010 Setara dengan Rp1,73 juta Tahun 2023, Investasi Tepat Solusinya

Jadi dipastikan ORI menjadi investasi yang paling ama  dan rendah risiko gagal bayar. ORI menjadikan investasi yang paling tepat bagi pemula karena jelas aman dan terjangkau.

2. Kupon lebih tinggi dari deposito

Pada saat penawaran produk kupon cenderung lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito bank.

Bahkan investor berpotensi mendapatkan capital gain atau simpelnya  potensi penjualan ORI lebih tinggi dari pada harga beli.

BACA JUGA:Volkswagen Investasi di Indonesia, ini Bidang Usahanya

Bagaimana, tertarik untuk mulai berinvestasi. Obligasi Negara Ritel (ORI) siap menjadi solusi memulai berinvestasi karena telah jelas terjangkau dan aman, telah dipastikan pemerintah.

Jadi, ayok mulai berinvestasi bersama Surat Berharga Negara jenis ORI.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: