Percaya Nggak? Mangga Ini Seharga Mobil Perkilonya, Bisa Tumbuh di Indonesia Loh

Percaya Nggak? Mangga Ini Seharga Mobil Perkilonya, Bisa Tumbuh di Indonesia Loh

Mangga Miyazaki adalah mangga termahal di dunia. Mangga ini diharga 2,70 lakh perkilogram di pasar Indonesia, bila dirupiahkan sama dengan Rp 50,7 juta.--

Percaya Nggak? Mangga Ini Seharga Mobil Perkilonya, Bisa Tumbuh di Indonesia Loh

SUMEKS.CO - Bila menyebutkan nominal Rp 50,7 juta, untuk membeli mangga, pasti terbayang dipikiran kita dengan uang segitu sudah bisa mendapatkan mangga dalam jumlah puluhan ton.

Namun tidak dengan mangga satu ini, harga perkilonya bisa mendapat satu unit Daihatsu Xenia keluaran tahun 2004 hingga 2007. Bagaimana tidak harga mangga ini mencapai Rp 50,7 juta perkilo. 

Loh loh mangga apakah ini? Mangga Miyazaki adalah mangga termahal di dunia. Mangga ini diharga 2,70 lakh perkilogram di pasar Indonesia, bila dirupiahkan sama dengan Rp 50,7 juta. 

BACA JUGA:6 Buah-Buahan Tinggi Protein, untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Tentu saja kita bertanya apa sih istimewanya mangga ini, hingga harganya bisa membeli satu unit mobil? 

Memiliki tekstur yang lembut, aroma yang harum dan daging buah yang sangat berair, menjadi mangga sultan ini sangat populer di negara asalnya Jepang. 

Mangga yang dikenal dengan sebutan Telur Matahari ini populer karena penampilan dan warnanga yang berbeda dari varietas mangga yang umumnya, yang tumbuh di India dan Asia Tenggara. 

Buah mangga ini berwarna ruby, dengan berat diatas 350 gram, dengan kandungan gula 15 persen atau lebih tinggi dari mangga biasa. 

BACA JUGA:5 Buah Yang Bisa Turunkan Kolesterol, Jangan Khawatir Makan Daging

Diberi nama Miyazaki mengambil dari kota asal mangga ini, yakni Miyazaki di prefektur Kyushu Jepang 

Bila melihat mangga biasa, yang identik dengan buah-buahan tropis, diperkirakan bisa dibudidayakan di Indonesia. Apalagi mangga ini sudah ditanam di India.

Mangga Miyazaki ini mulai diperkenalkan selama periode Meiji atau tahun 1868 hingga 1912. 

Sedangkan budidaya dimulai sejak tahun 1970. Proses penanaman dilakukan selama puncak panen, antara April dan Agustus. Sebelum diekspor, mangga ini menjalani pemeriksaan dan pengujian ketat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: