28 Juli-4 Agustus 2023, 3 Calon Rektor Unsri Bersaing Gantikan Anis Saggaff

28 Juli-4 Agustus 2023, 3 Calon Rektor Unsri Bersaing Gantikan Anis Saggaff

Empat bakal calon rektor Universitas Sriwijaya.--

28 Juli-4 Agustus 2023, 3 Calon Rektor Unsri Bersaing Gantikan Anis Saggaff

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Universitas Sriwijaya (Unsri) akan segera memiliki Rektor baru. Jika tidak ada aral melintang, prosesi Pemilihan Rektor Unsri akan dilakukan pada 28 Juli hingga 4 Agustus 2023 mendatang. 

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsri, Joni Emirzon mengungkapkan, jumlah suara yang akan diperebutkan seluruh calon Rektor yakni sebanyak 78 orang anggota senat. Akan tetapi, ada anggota senat yang tengah berhaji dan satu orang meninggal. 

"Jadi dari 78 suara anggota senat, hanya 75 orang yang memilih pada saat rapat senat tertutup," ungkapnya di Gedung Pascasarjana Unsri Bukit Besar Palembang, Senin, 26 Juni 2023.

BACA JUGA:Pertama se-Sumbagsel Unsri Buka Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Hanya 20 Mahasiswa per Semester

Dijelaskan Joni, seebelum melakukan pemungutan suara untuk menentukan Rektor terpilih, pihaknya terlebih dahulu melakukan rapat senat tertutup untuk menentukan Bakal Calon Rektor menjadi Calon Rektor. 

"Kan ada empat Bakal Calon, kita hanya ambil tiga untuk menjadi Calon Rektor," sebutnya. 

Adapun Bakal Calon Rektor Unsri yang ikut bertarung, yakni, Prof Dr A. Muslim (Dekan Fakultas Pertanian) sebagai peserta nomor urut 1, Prof Dr Alfitri (Dekan Fisip) nomor urut 2, Prof Iskhaq Iskandar (Kepala LLDikti Wilayah II Palembang) nomor urut 3, dan Prof Dr Taufiq Marwa (Wakil Rektor Bidang Umum, Kepegawaian, dan Keuangan Unsri) nomor urut 4.

"Namun, dari hasil rapat senat tertutup yang berlangsung sore tadi didapatkan bahwa peraih suara terbanyak adalah Pak Taufiq Marwah dengan 36 suara," terangnya.

BACA JUGA:4 Bakal Calon Rektor Unsri Dapat Nomor Urut, Teken Pakta Integritas Bukti Serius Majukan Kampus Jika Terpilih

Adapun jumlah suara yang didapat oleh masing-masing Bakal Calon Rektor Unsri, yakni, Prof Dr Taufiq Marwa sebanyak 36 suara, Prof Iskhaq Iskandar sebanyak 14 suara, Prof Dr Alfitri sebanyak 12 suara, dan Prof Dr Muslim sebanyak 9 suara. 

"Dari hasil ini maka Prof Dr Muslim dinyatakan gugur. Sehingga, hanya tiga peserta yang berhak menjadi Calon Rektor Unsri," jelasnya. 

Pada saat prosesi pemungutan suara untuk menentukan Rektor Unsri terpilih periode 2023-2027 mendatang, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mempunyai 35 persen suara dan senat 65 persen suara. 

Dalam paparan visi, misi, dan program kerjanya, para Calon Rektor Unsri mengupayakan Unsri berkelas dunia, mengawal transformasi BLU ke PTNBH, mengoptimalkan pemanfaatan aset, serta membuat layanan mahasiswa atau akademik terpadu, dan menyederhanakan birokrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: