Bencana Di OKU Timur Perlu Mitigasi Dini

Bencana Di OKU Timur Perlu Mitigasi Dini

--

Bencana Di OKU Timur Perlu Mitigasi Dini

MARTAPURA, SUMEKS.CO - BPBD OKU Timur menggelar pelatihan dan mitigasi bencana.

Langkah ini dilakukan mengingat OKU Timur salah satu wilayah yang sering terjadi bencana banjir, angin puting beliung, dan karhutla.

Bupati OKU Timur Ir H Lanosin melalui Plh Sekda H Sutikman SP.d, MM mengatakan OKU Timur tidak terlepas dari bencana alam.

Karena Bumi 1001 Puyang ini secara geografis terletak dipesisir komering.

BACA JUGA:Sebut Pak Kumis Bekingi Al Zaytun, Imam Tuding Moledoko Berikan Akses Bantuan Hukum untuk Panji Gumilang

Ditambah lagi ungkapnya sering juga pemukiman warga dilanda kebakaran hebat, oleh karena itu perlu adanya mitigasi dini.

"Bangunan kita kebanyakan bangunan lama, dimana banyak kabel listrik yang sudah tua, untuk itu kita perlu sampaikan kepada masyarakat sebagai upaya menanggulangi bencana." Tegasnya.

Ia mengingatkan, upaya penanggulangan dan mitigasi bencana selalu diupayakan, "Setiap kecamatan dan desa agar dibentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) agar lebih mudah dan cepat dalam menanggulangi bencana," tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Mgs. HabibullahSIP, MM menyampaikan kegiatan ini bertujuan sebagai pembekalan dan pelatihan dalam mengantisipasi adanya bencana alam sedini mungkin di OKU Timur.

BACA JUGA:Hore, Insentif RT dan RW di Prabumulih Segera Cair, Langsung Dua Bulan

Dirinya menyebutkan, bahwa BPBD akan mensosialisasikan Desa Tangguh Bencana dan membentuk TRC Desa di seluruh Kabupaten OKU Timur

"Kita akan sosialisasikan Desa Tangguh Bencana dimulai dari keluarga, dan tentu kita akan membentuk TRC Desa minimal 5 anggota sesuai dengan peraturan pemerintah." Tuturnya.

Habib juga tidak menampik bahwa OKU Timur ada beberapa bencana alam yang harus menjadi perhatian dan diantisipasi, seperti banjir, puting beliung, kebakaran dan Karhutla

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: