Direktur Indonesia Heritage Hidden Minta Museum di Palembang Dikelola Profesional, Kadisbud Jawab Begini

Direktur Indonesia Heritage Hidden Minta Museum di Palembang Dikelola Profesional, Kadisbud Jawab Begini

--

Direktur Indonesia Heritage Hidden Minta Museum di Palembang Dikelola Profesional, Kadisbud Jawab Begini

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Museum adalah tempat yang menghidupkan kembali sejarah dan kebudayaan manusia melalui koleksi artefak dan karya seni yang berharga. 

Mereka memainkan peran penting dalam melestarikan warisan budaya kita, memperluas pengetahuan kita, dan memberikan pengalaman yang menginspirasi kepada pengunjung. 

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda sejarah dan lembaga pendidikan, museum juga memiliki potensi sebagai ruang publik yang dapat dinikmati oleh semua orang. 

Dalam perkembangannya, museum dapat menjadi sumber pendapatan bagi suatu daerah, termasuk dalam hal devisa negara.

BACA JUGA:Rісhееѕе Factory dan Hoka-Hoka Bento Membuka Lowongan Kerja Terbaru, Part Time Juga Ada

Direktur Eksekutif Indonesia Heritage Hidden Nova Farida Lestari Wazir menjelaskan bahwa beberapa negara saat ini mengelola museum sebagai objek wisata utama dan sumber pendapatan devisa negara, seperti Singapura, Inggris, Italia, dan Spanyol. 

"Mengapa kita tidak bisa melakukannya, terutama bagi negara sebesar Indonesia yang memiliki sejarah yang panjang," jelasnya dalam acara Palembang Gala 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Palembang di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II beberapa hari lalu. 

Indonesia tentu memiliki sejarah yang besar dengan koleksi-koleksi yang beragam. Oleh karena itu, hal ini harus direalisasikan di masa depan. 

"Museum dapat menjadi sumber devisa negara dengan menjadikannya sebagai objek wisata utama dan tempat untuk mengadakan berbagai acara," tambahnya.

BACA JUGA:Inspiratif, Kisah Pemilik 83 Gelar Akademis dan Non Akademis, H Achmad Tarmizi Kini Hanya Staf Ahli Pemkab OKU

Namun, Nova juga menyadari bahwa mewujudkan hal ini bukanlah perkara yang mudah, tetapi bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. 

Sebagai contoh, Kota Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Dengan melibatkan semua komponen, pengelolaan museum dapat dilakukan secara profesional.

"Sebagai kota tertua di Indonesia yang berusia 1.300 tahun, tidak sedikit benda peninggalan sejarah, seni, budaya, dan peradaban yang dimiliki," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: