Masyarakat 3 Desa di Kecamatan Panang Enim Minta Bonus Produksi Panas Bumi

Masyarakat 3 Desa di Kecamatan Panang Enim Minta Bonus Produksi Panas Bumi

Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim dari Dapil V Suprianto.--

Masyarakat 3 Desa di Kabupaten Muara Enim Minta Bonus Produksi Panas Bumi

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Masyarakat tiga desa di Kecamatan Panang Enim meminta bonus produksi kepada PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) yang produksi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai.

Pasalnya, awal pembangunan PLTP seluruh kendaraan operasional PT PGE melintas sampai saat ini melewati Desa Sugi Waras, Indramayu dan Bedegung menuju Desa Penindayan, Kecamatan Semendo Darat Laut. Sangat miris, jika tiga desa tersebut hanya sebagai akses jalan operasional perusahaan tanpa mendapatkan bonus produksi.

Penegaskan itu, disampaikan anggota DPRD Kabupaten Muara Enim dari Dapil V Suprianto saat rapat paripurna penyampaian tentang raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2022, yang di pimpin Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki BSc, Senin 19 Juni 2023.

Politisi PPP ini, menjelaskan bawah masyarakat Sugi Waras, Indramayu dan Bedegung mempertanyakan kenapa tiga desa tersebut tidak mendapatkan bonus produksi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai.

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Melarang Tes Calistung Untuk Masuk SD/MI

"Awal beroperasi pembangunan PLTP tepatnya 2008. Untuk menuju lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai di seluruh kendaraan operasional melintasi tiga desa," tegas Suprianto yang akrab disapa Cip saat menyampaikan aspirasi masyarakat.

Namun, kata dia, setelah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai beroperasi dan menghasilkan sejak 2021.

Tiga desa tersebut tidak mendapat bonus produksi hanya sebatas pendengar saja.

"Sampai sekarang tidak dapat. Masa masyatakat Desa Sugi Waras, Indramayu dan Bedegung yang dilintasi hanya mendapat debu dan hanya sebagai penonton," tegasnya lagi.

BACA JUGA:Motor Listrik Volta Virgo Siap Bersaing, Harga Cuma Rp17 Jutaan Per Unit

Lanjut Suprianto, dari hasil pembahasan dengan Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Plt Bupati, Bapenda dan PMD.

Pihak eksekutif akan berkoordinasi dengan kementerian terkait agar Desa Sugi Waras, Indramayu dan Bedegung di wilayah Kecamatan Penang Enim mendapatkan bonus produksi.

"Pembahasan tadi disepakati Desa Sugi Waras, Indramayu dan Bedegung mendapat bonus produksi tinggal regulasi kementerian terkait. Apakah bonus produksi itu langsung untuk tiga desa atau diserahkan melalui Pemerintah Kecamatan Panang Enim. Intinya tiga desa tersebut harus dapat bonus produksi dari PT PGE. Jika tidak ada penjelasan dari pihak perusahaan dikhawatirkan akan menimbulkan gejolak dimasyarakat yang berujung penutupan akses jalan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: