139 Calon Kades Siap Bertarung di Pilkades Kabupaten OKI

139 Calon Kades Siap Bertarung di Pilkades Kabupaten OKI

Deklarasi damai pelaksanaan Pilkades 2023 di Kecamatan Lempuing Jaya OKI, beberapa waktu yang lalu. -Niskiah/Sumeks.co-

139 Calon Kades Siap Bertarung di Pilkades Kabupaten OKI

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sebanyak 139 Calon Kades di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) siap bertarung pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 26 Juni 2023 ini. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten OKI, Ari Mulawarman SSTP melalui Kabid pemerintahan Desa Dan Kelembagaaan Rudi Kurniawan SE mengatakan, pelaksanaan Pilkades tahun ini untuk Kabupaten OKI 56 Desa yang melaksanakan di 16 Kecamatan. 

"Saat ini untuk nama Calon Kades telah ditetapkan dan untuk daftar pemilih tetap atau DPT juga sudah ada tetapi masih belum fiks," terang Rudi, kepada SUMEKS.CO, Sabtu 17 Juni 2023.

Rudi menjelaskan, untuk jumlah DPT belum fiks karena masih ada calon Kades yang meriksa DPT. Tetapi untuk jumlah yang telah ditetapkan sebanyak 82.628 pemilih. 

BACA JUGA:Keberuntungan Terpancar! 5 Shio Ini Siap Menuai Rejeki Nomplok di Masa Depan

Tetapi untuk jadwal pelaksanaan tetap dilaksanakan Juni ini yakni di 26 Juni 2023. Lalu untuk masa tenang ada waktu 3 hari. 

"Masa tenang sebelum pelaksanaan Pilkades ada waktu 3 hari yaitu pada tanggal 23,24 dan 25 Juni. Barulah keesokannya 26 Juni pelaksanaan pemilihan," jelas Rudi. 

Masih kata Rudi, meskipun pelaksanaan Pilkades terus semakin dekat, untuk tahapan persiapan telah dilaksanakan dan dijadwalkan. 

Dimana saat ini masih adanya beberapa Desa meriksa DPT yakni dengan mengecek di Capil. Maka oleh karena untuk jumlah DPT yang ada ini masih disebut belum fiks. 

BACA JUGA:Panji Gumilang Sesumbar Tak Takut dengan Pendemo, Sebut Ponpes Al Zaytun Sebagai Pancasilais dan Nasionalis

"Tahun ini pelaksanaan Pilkades hanya 2 Kecamatan saja di OKI yang tidak melaksanakan. Untuk calon Kades terbanyak jumlahnya di Kecamatan Air Sugihan," beber Rudi. 

Dikatakan Rudi, jumlah Desa yang laksanakan Pilkades 8 Desa dengan jumlah Calon Kades sebanyak 23 calon. 

Lalu, Rudi menambahkan, untuk Kecamatan yang sedikit Desa melaksanakan Pilkades yaitu Kecamatan Kayuagung 2 Desa, Teluk Gelam 2 Desa, Tulung Selapan 1 Desa, Lempuing 1 Desa. Kemudian, Lempuing Jaya 2 Desa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: