Waspada Emas Palsu Made In China, Berikut 10 Ciri Membedakan Emas Asli Agar Tidak Tertipu

Waspada Emas Palsu Made In China, Berikut 10 Ciri Membedakan Emas Asli Agar Tidak Tertipu

Tidak sedikit oknum-oknum membuat emas palsu dengan warna hingga bentuk yang sangat mirip dengan aslinya.--

Waspada Emas Palsu Made In China, Berikut 10 Ciri Membedakan Emas Asli Agar Tidak Tertipu

SUMEKS.CO - Siapa yang tidak kenal dengan emas, selain sebagai perhiasan bagi kaum perempuan, emas juga bisa digunakan sebagai sarana investasi untuk jangka panjang.

Karena, emas mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, nilai ekonomis yang cenderung meningkat tersebut membuat bisnis dalam investasi emas termasuk dalam kategori menggiurkan.

Oleh karenanya, tidak sedikit oknum-oknum membuat emas palsu dengan warna hingga bentuk yang sangat mirip dengan aslinya.

BACA JUGA:MenKopUKM Target 1 Juta Wirausaha dari Kalangan Terdidik

Bahkan, dalam beberapa banyak video yang beredar di beberapa akun media sosial, oknum penjual emas palsu membuat emas dengan cara mencelupkan besi biasa kedalam cairan khusus berwarna keemasan.

Kalung atau cincin yang mulanya bukan emas, namun setelah dicelupkan kedalam cairan khusus tersebut, benda besi tersebut m berubah menjadi emas.

Saat berubah warna menjadi berwarna keemasan, benda besi tersebut di celupkan kembali kedalam wadah berisi air.

Ajaibnya, benda besi yang tadinya bukan emas disulap menjadi seperti terbuat dari emas asli, yang sangat sulit untuk dibedakan.

BACA JUGA:PT Bank BCA Syariah Membuka Lowongan Kerja Lulusan S1 Semua Jurusan, Simak Cara Daftarnya

Oknum pembuat emas palsu itu juga melakukan beberapa pengujian terhadap emas palsu, seperti membelah dan mengujinya dengan magnet.

Hasilnya, saat dibelah beda besi yang telah menjadi emas palsu tersebut, warna kuning emas tersebut meresap hingga kebagian dalam.

Tidak hanya itu saja, emas palsu yang mulanya berbahan besi biasa saat didekatkan dengan magnet tidak menempel sama sekali, layaknya emas asli.

Saat dilakukan pembakaran dan peleburan, logam emas palsu tersebut juga mirip seperti halnya emas asli yang kemudian dibentuk dengan berbagai perhiasan seperti kalung ataupun cincin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: