Survei Indonesia Political Opinion, Prabowo Lebih Diunggulkan

Survei Indonesia Political Opinion, Prabowo Lebih Diunggulkan

Capres Prabowo Subianto. Foto: dokumen/sumeks.co--

Survei Indonesia Political Opinion, Prabowo Lebih Diunggulkan

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO) memaparkan hasil survei elektabilitas jika tiga bakal calon presiden (capres) saling diadu. 

Hasilnya, Prabowo Subianto unggul saat dihadapkan dengan Ganjar Pranowo ataupun Anies Baswedan.

Survei ini dilakukan pada tanggal 5-13 Juni 2023 menggunakan metode multistage random sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat. 

Metode ini memiliki pengukuran kesalahan atau margin of error 2,90 persen dengan tingkat akurasi data 95 persen.

BACA JUGA:Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani Minta Kader Menangkan Prabowo di Sumsel 2024

Ada 1.200 orang responden yang tersebar proporsional secara nasional. Untuk menguji validitas responden, IPO melakukan spot check pada 15 persen dari total populasi sampel.

"Ketika kami coba sandingkan, dua tokoh masing-masing bertemu. Misalnya ketika Prabowo berhadapan head to head dengan Anies Baswedan maka pemenangnya adalah Prabowo dengan 58,3 persen. Sementara Anies Baswedan cuma mendapatkan 37,1 persen dengan tingkat persepsi publik yang tidak menjawab atau masih rahasia 4,6 persen," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah dalam konferensi pers di Hotel Tamarin Jakarta, Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 16 Juni 2023.

"Ketika prabowo diuji bertemu dengan Ganjar. Posisinya tetap sama, Prabowo Subianto tetap lebih unggul dengan 51,7 persen kemudian Ganjar hanya 36,5 persen," tambah dia.

Berikut hasil survei saat responden diberikan pertanyaan 'Jika hari ini dilaksanakan pemilihan presiden, dari nama kandidat ini siapakah yang bapak/ibu akan pilih.(*/ril)

BACA JUGA:Gerindra Pastikan Prabowo dan Cak Imin Sudah Kantongi Cawapres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: