Bupati Panca Lantik Pengurus Dekranasda Periode 2023-2026

Bupati Panca Lantik Pengurus Dekranasda Periode 2023-2026

--

Bupati Panca Lantik Pengurus Dekranasda Periode 2023-2026

INDRALAYA, SUMEKS.CO - Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya secara langsung melibatkan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi anggota pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) periode 2023-2026.

Pelantikan pengurus langsung dipimpin Ketua Dekranasda Ogan Ilir Mikhailia Tikha Alamsjah Panca, Selasa 13 Juni 2023 di Aula KPT Tanjung Senai Inderalaya

Menurut Panca, dirinya ingin mengkaloborasikan bagaimana kegiatan-kegiatan di setiap OPD dapat dimasukan dalam kegiatan Dakranasda.

“Ya, seperti Dinas PU PR bagaimana dalam membenahi akses jalan menuju ke tempat pengrajin dan Dinas Perhubung sebagai penunjuk arah seperti datangnya dari para pelancong dari luar daerah yang mencari kerajinan songket mau pun dinas lainnya agar dapat bisa bersinergi dalam memasukan setiap kegiatannya untuk program Dekranasda seperti UMKM dan budaya agar dapat di anggarkan. Saya juga ingin agar setiap hari ada makanan khas daerah yang disajikan misalnya bolu bluder, bolu kunjing, es, pempek panggang dan sebagainya,” kata Panca.

BACA JUGA:Herman Deru Buka Festival dan FLS2N di Tanjung Senai Ogan Ilir

Disamping itu juga Wakil Bupati OI Ardani menambahkan, bahwa saat ini sudah ada tujuh ciri khas dari Ogan Ilir baik yang dipatenkan seperti kain gebeng, pindang meranjat, pindang pegagan.

“Ya, kemarin kita sudah ada tujuh ciri khas dari Ogan Ilir yang sudah dipatenkan seperti makanan, dan pakaian budaya,” ucapnya.

Adapun ciri khas Ogan Ilir yang sudah di hak patenkan yaitu, kain gebeng, pakasam, pindang meranjat, dan lainnya.

“Kami akan terus berupaya dalam mempatenkan ciri khas Ogan Ilir agar tidak ada dari pihak luar untuk mengkalaim cari khas daerah Kabupaten Ogan Ilir,” katanya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: