Mengapa Orang Bunuh Diri Masuk Neraka? Ternyata Begini Jawaban Ustaz Abdul Somad

Mengapa Orang Bunuh Diri Masuk Neraka? Ternyata Begini Jawaban Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad menerangkan mengapa bunuh diri bisa masuk neraka.--

Mengapa Orang Bunuh Diri Masuk Neraka? Ternyata Begini Jawaban Ustaz Abdul Somad

SUMEKS.CO - Dalam ajaran Islam orang bunuh diri, dipastikan masuk neraka. Namun, banyak yang belum tahu alasan orang bunuh diri masuk neraka. Apalagi ada yang berpendapat bukan kematian itu telah ditentukan Allah SWT. 

Ustaz Abdul Somad pun memberikan penjelasan atas pertanyaan menyapa orang bunuh diri masuk neraka? Jawabannya pun sangat singkat. Yakni karena dia mengikuti ajakan setan. 

"Makanya kita selalu baca ayat-ayat, ayat kursi supaya setan jangan berbisik. Dengan berbagai tekanan, akhirnya stres, lalu bunuh diri, neraka jahanam," kata UAS panggilan Ustaz Abdul Somad. 

BACA JUGA:Orang Tua Nabi Muhammad Disebut Berada di Neraka, Bergetar Buya Yahya Menjawab Begini

UAS menjelaskan, Syekh Muhammad Sa'id Ramadhan Al Buthi menulis kitab judulnya Al Insan Bainal Mussayyar am Mukhayyar. Manusia antara dijalankan dan berjalan sendiri. Manusia antara dipilihkan dan memilih sendiri. 

"Dulu ketika lahir menjadi orang melayu, apakah memilih atau dipilihkan? Bapak jadi orang Jawa memilih atau dipilihkan?Dipilihkan, maka kita tak boleh ejek orang, Hai batak, Hai cina, tak boleh. Karena dia tak pernah memilih, dia dipilihkan," tegas UAS. 

Tapi ada saatnya memilih. UAS mencontohkan, malam ini mau datang ke pengajian. Tentu saja hal itu merupakan memilih bukan dipilihkan. Lalu mau bunuh diri, ada pisau silet, memilih atau dipilih. Tentu saja hal itu memilih. 

Contoh lain, kata UAS, ketika Buya Hamka, dalam bukunya Tasawuf Modern. Isi buku itu merupakan tulisan Buya Hamka disaat  betul-betul kondisi terpuruk dalam penjara.

BACA JUGA:Akhlak Syekh Abdul Qadir Jaelani Terhadap Pencuri yang Masuk Rumahnya, Tidak Marah Malah Ditunjuk Sebagai Wali

"Naik telapak sepatu di atas mejanya. "Hei Hamka kau penghianat bangsa,". Lalu di dinding penjara ada pisau silet, kata setan, ambil silet itu, potong urat nadimu. Tak ada gunanya kau hidup, kau di Maninjau Sumatra Barat diangkat sebagai datuk ninik mamak orang Minangkabau. Sekarang kau bergelar doktor dari Al kauzar, sekarang kau dituduh sebagai penghianat, mau jual negaramu kepada Malaysia. Bunuh saja dirimu," kata UAS. 

Tapi Buya Hamka berhasil melawan bisikan setan itu dengan imannya. Sebab ada saatnya kita memilih. Tentu saja mengapa bunuh diri masuk neraka, karena hal itu merupakan memilih. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: