Petani Sawit di Sumsel Semringah, Harga TBS di Atas Rp2. 000 per kg

Petani Sawit di Sumsel Semringah, Harga TBS di Atas Rp2. 000 per kg

Zulkarnain. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Harga tandan buah segar (TBS) untuk Mei periode II saat ini sebesar Rp 2.170/Kg.

Besaran harga itu merupakan kwalitas kelapa sawit terbaik dengan usia 10-20 tahun. Tetapi petani sawit maupun kelompok menjual kelapa sawit dengan usia bemacam macam. 

Dikatakan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Dedi Kurniawan SSTP melalui Kepalq Bidang Penyuluhan Pengolahan dan Pemasaran, Zulkarnain SP MSi, harga kelapa sawit saat ini masih terbilang tinggi karena berkisar Rp 2.000/Kg.

"Harga kelapa sawit masih terbilang terbilang tinggi untuk saat ini karena berkisar Rp 2.000/Kg. Harga rendah berkisar dibawah Rp 1.500/Kg," ungkap Zulkarnain, kepada SUMEKS.CO, Senin 29 Mei 2023.

BACA JUGA:Harga TBS di Sumsel Kembali Normal, Petani Sawit Senang

Dijelaskan, mengenai usia kelapa sawit yang dijual oleh petani bermacam macam. Yakni mulai dari usia 3 tahun hingga 25 tahun. Tetapi kwalitas terbaik adalah usia kelapa sawit 10-20 tahun. 

Zulkarnain menyampaikan, untuk harga kelapa sawit dengan usia 4 tahun dengan harga Rp 1.894/Kg. Sedangkan kelapa sawit usia 8 tahun dengan harga Rp 2.094/Kg.

Lalu untuk kelapa sawit dengan usia 21 tahun harga sedikit rendah dari usia kelapa sawit 10-20 tahun yakni sebesar Rp 2.142/Kg. Karena kwalitasnya sudah rendah dibandingkan dengan usia kelapa sawit 10-20 tahun. 

"Kwalitas kelapa sawit tergantung dengan kematangannya bila matang harganya mahal," ujarnya.

Tetapi sambungnya, apabila kelapa sawit matang tidak sempurna yakni ada campuran buah tidak matang maka harganya rendah. 

BACA JUGA:Harga TBS Kembali Menguat

"Harga kelapa sawit berpengaruh dengan dollar, termasuk kebutuhan minyak tinggi maka harga kelapa sawit juga tinggi," katanya. 

Dia menambahkan, untuk produksi buah kelapa  sawit di Kabupaten OKI saat ini masih normal. Lalu untuk lahan kelapa sawit tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten OKI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: