Mau Beli BBM Bersubsidi di 234 Kabupaten dan Kota Ini Harus Gunakan QR Code, Yuk Daftar di MyPertamina

Mau Beli BBM Bersubsidi di 234 Kabupaten dan Kota Ini Harus Gunakan QR Code, Yuk Daftar di MyPertamina

Beli BBM Bersubsidi di 234 Kabupaten dan Kota Ini Harus Gunakan QR Code,--

Mau Beli BBM Bersubsidi di 234 Kabupaten dan Kota Ini Harus Gunakan QR Code, Yuk Daftar di MyPertamina

SUMEKS.CO - Sedikitnya 234 kabupaten dan kota di Indonesia akan menerapkan penggunaan QR Code ketika akan membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Untuk itu, masyarakat diminta untuk mengunduh aplikasi MyPertamina, dan mendaftarkan QR Code melalui aplikasi tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI), Arifin Tasrif mengungkapkan, penggunaan QR Code saat pembelian BBM bersubsidi di 234 kabupaten dan kota di Indonesia ini, dilakukan sebagai upaya Pertamina untuk menyalurkan BBM bersubsidi agar lebih tepat sasaran.

"Kita tidak ada niat untuk membatasi masyarakat membeli BBM bersubsidi. Kita hanya ingin BBM bersubsidi ini tepat sasaran, jangan sampai justru orang-orang yang tak layak yang menggunakannya," ujarnya dikutip SUMEKS.CO dari berbagai sumber, Sabtu, 27 Mei 2023.

BACA JUGA:Tipidter Polda Sumsel Datangi Gudang BBM Ilegal di Pegayut Ogan Ilir, Amankan Ribuan Liter Solar

Kendati akan menerapkan QR Code di 234 kabupaten dan kota, namun Menteri ESDM mengatakan, pihaknya belum memiliki peraturan khusus terkait kriteria penerima BBM bersubsidi. Karena, sampai saat ini peraturan tersebut masih digodok Pemerintah melalui kementerian terkait.

"Belum rampung peraturannya, namun pemerintah masih terus memprosesnya," ujarnya.

Menteri ESDM mengungkapkan, bahwa aturan terkait kriteria penerima BBM bersubsidi itu sebenarnya sudah ada. Dimana, kriteria penerima BBM bersubsidi itu tertuang dalam Peraturan Presiden RI. Hanya saja, saat ini Perpres tersebut tengah dalam proses revisi.

"Kriteria tersebut akan tertuang dalam revisi Perpres Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM," terangnya.

BACA JUGA:Pembelian BBM Jenis Pertalite Dibatasi 20 Liter Per Hari, Ini Solusinya

Kendati revisi Perpres tersebut belum diselesaikan, namun pengaturan yang tengah dilakukan Pertamina melalui penggunaan QR Code masih bisa dilakukan.

Terpisah, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, bahwa Program Subsidi Tepat untuk Solar Subsidi bukan hal yang baru, dan saat ini Pertamina Patra Niaga terus mengevaluasi dan melanjutkan tren positif dari program tersebut.

"Pemberlakukan Full QR untuk Solar Subsidi ini kita lakukan secara bertahap. Ini adalah langkah selanjutnya untuk memastikan masyarakat terbiasa memanfaatkan QR Code-nya," terangnya.

BACA JUGA:BBM Jenis Pertalite Bakal Dibatasi Sesuai Kubikasi Mesin, Berikut Jenis Mobil Boleh Isi BBM Pertalite

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: