Pergi Haji Belum Mampu? Ini Amalan yang Pahalanya Sama dengan Pergi Haji

Pergi Haji Belum Mampu? Ini Amalan yang Pahalanya Sama dengan Pergi Haji

Jamaah asal oku timur berumur 105 tahun.. Namanya Karto Yitno Ahmad Sudiyo (kanan) dan pedampingnya. Foto: sumeks.co--

Pergi Haji Belum Mampu? Ini Amalan yang Pahalanya Sama dengan Pergi Haji 

SUMEKS.CO- Bulan Dzulhijah dalam kalender Hijriah terdapat dua ibadah yang harus dilakukan oleh umat Islam yaitu Hari Raya Idul Adha (Hari Raya Qurban) dan menunaikan Ibadah Haji ke Baitullah

Ya, Ibadah haji terdapat dalam rukun Islam yang kelima, setiap muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, bila mampu.

Namun khususnya umat muslim yang belum mampu untuk melaksanakan Ibadah haji, janganlah bersedih karena ada beberapa amalan yang ganjaran pahalanya sama dengan menunaikan Ibadah Haji. 

Meski amalan ini pahalanya besar, bukan berarti menggugurkan kewajiban seorang berhaji jika sudah mampu.

BACA JUGA:Jemaah Haji Embarkasi Palembang Masuk Asrama 26 Mei Betolak ke Tanah Suci 27 Mei 2023, Ini Jadwalnya

Amalan ini sangatlah mudah  dan ringan untuk dilakukan. Apa saja amalannya, antara lain:

1. Melaksanakan Sholat Lima Waktu Berjamaah di Masjid. 

Bagi umat muslim kewajiban melaksanakan salat hukumnya wajib jadi kita tinggal melaksanakan salat berjamaah di mesjid, pahalanya sama seperti menunaikan ibadah haji. 

Ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Shallallahu' alahi wa salam bersabda, "barang siapa yang berjalan menuju ke sholat  wajib berjamaah,  maka pahala sama seperti pergi berhaji dan siapa yang berjalan untuk melaksanakan sholat sunnah maka pahala seperti berumroh yang sunnah" (HR Thabrani) 

2. Melakkukan Salat Isyraq.

Sholat ini dilakukan setelah 15 menit matahari terbit dengan dua rakaat,  namun sebelum melakukan sholat Isyraq kita harus melaksanakan sholat shubuh berjamaah dulu.

Selanjutnya kita berdiam didalam masjid dengan melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat  seperti membaca Alqur'an, berzikir atau mendegarkan majelis ilmu sampai matahari terbit, barulah kita melaksanakan sholat Isyraq.  Bila ini dilakukan pahalanya sama seperti pergi berhaji. 

BACA JUGA:Berusia 105 Tahun, Karto Yitno Bersama JCH OKU Timur Siap Berangkat Haji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: