Dispustaka Sumsel Apresiasi Buku Ranti Mencari Gambut

Dispustaka Sumsel Apresiasi Buku Ranti Mencari Gambut

Kepala Dinas Perpustakaan Provinis Sumsel Fitriana, S.Sos, M.Si menerima Simbolis Buku Ranti Mencari Gambut dari Penulis Akhmad Junaedy.--

Dispustaka Sumsel Apresiasi Buku Ranti Mencari Gambut

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan, Fitriana, S.Sos, M.Si mengapresiasi buku Ranti Mencari Gambut.

Hal ini disampaikan Fitriana saat mengisi paparan pada acara launching kurikulum muatan lokal Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Gambut untuk siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 4, 5 dan 6 dan sekaligus Peluncuran Buku Ranti Mencari Gambut yang ditulis oleh Akhmad Junaedy, bertempat di Ballroom Hotel Aryaduta, Kamis 25 Mei 2023.

Dalam paparannya, Fitriana mengatakan, Provinsi Sumatera Selatan dikaruniai dengan alam yang terbentang dari dataran tinggi bukit barisan sampai pesisir timur pulau Sumatera.

Beraneka ragam potensi berada di dalamnya termasuk ekosistem unik dari pegunungan sampai rawa gambut dan hutan mangrove.

BACA JUGA:Woow! 7 hinaan tersadis Thailand Bagi Negara Indonesia, Bikin Netizen +62 Auto Panas Dingin

Semuanya modal utama untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat di Sumatera Selatan. pemahaman tentang hal ini perlu dimiliki bukan saja oleh pemangku kepentingan yang menjalankan pembangunan, namun juga generasi yang akan menjadi pemimpin di masa depan.

Salah satu cara untuk mengenalkan potensi daerah adalah melalui pendidikan formal seperti muatan lokal. Kabupaten OKI dan Banyuasin telah mengembangkan kurikulum muatan lokal DAS dan Gambut untuk siswa kelas 4, 5 dan 6 SD.

Hal ini menjadi contoh untuk ditiru kabupaten kota lain, bukan hanya tentang DAS dan Gambut namun dapat juga mengangkat kekayaan alam ataupun budaya dan hal lainnya sebagai potensi yang akan dikenalkan kepada generasi muda.

Dengan adanya muatan lokal ini yang tentunya disertai dengan bahan ajar pendukung juga dapat mendukung peningkatan Literasi di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Beberapa Jenis Tanaman Hias yang Bisa Menjadi Inspirasi Mempercantik Rumah

Literasi dapat dituangkan dengan berbagai bentuk, salahsatu yang dapat diterapkan sejak usia dini adalah dengan membaca.

Dalam proses pengembangan kurikulum DAS dan Gambut sebagai salah satu bahan ajar pendukung.

"Buku ini merupakan buku fiksi yang menceritakan pengalaman seorang anak perempuan bernama Ranti yang sedang mencari tahu tentang Gambut," jelas, Fitriana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: