Tinjau Gudang Bulog, Kadis Ketahanan Pangan OKI Jamin Stok Beras

Tinjau Gudang Bulog, Kadis Ketahanan Pangan OKI Jamin Stok Beras

Sahrul meninjau gudang Bulog di Kelurahan Jua-Jua Kota Kayuagung, Rabu 24 Mei 2023. foto: niskiah sumeks.co--

Tinjau Gudang Bulog, Kadis Ketahanan Pangan OKI Jamin Stok Beras 

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Ketersediaan stok beras di gudang Bulog Jua-Jua Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) saat ini cukup hingga akhir tahun. 

Stok beras ini ditinjau langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (KPTPH) Kabupaten OKI, Ir Sahrul MSi, didampingi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Saparudin SP, Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, Rabu 24 Mei 2023.

"Hari ini kita tinjau langsung gudang Bulog untuk antisipasi kebutuhan beras menghadapi Lebaran Iduladha," ungkap Sahrul, kepada SUMEKS.CO, Rabu 24 Mei 2023.

Sahrul didampingi Kepala Gudang Bulog Jua Jua Kayuagung Monda Satrialaga Erson menjelaskan, untuk stok beras di gudang saat ini ada 142 ton. Dimana stok ini memadai dan cukup hingga akhir tahun ini. Stok beras yang ada ini termasuk untuk kebutuhan pangan Kabupaten OKI yang dibagikan pemerintah kepada masyarakat bekerja sama dengan Bulog melalui Kantor Pos Indonesia. 

"Stok beras yang ada ini bila berkurang akan ditambah dan juga stok ini bisa untuk kabupaten lain karena Bulog ini wilayah Kanwil  adanya subsidi silang," terang Sahrul. 

BACA JUGA:Bulog Sumsel Babel Sebar Ribuan Ton Beras Gratis untuk 565.414 Penerima Manfaat, Masuk Katagori Warga Miskin

Lanjut Sahrul, untuk saat ini panen padi di Kabupaten OKI masih belum merata. Seperti di Kecamatan Tanjung Lubuk dan sekitarnya baru akan panen dalam waktu dekat ini. 

Sementara itu TPID Kabupaten OKI Saparudin SP mengatakan, selaku pengawas melakukan pengecekan stok beras di gudang Bulog, untuk stoknya cukup tahun 2023 ini. 

Disampaikan Bulog sebagai penstabil harga baik di petani dan konsumen. Apabila harga rendah di petani, maka jelas TPID berkeinginan di petani menguntungkan dengan membantunya. Yakni dengan menyerap beras petani untuk menstabilkan harga. 

Kepala Gudang Bulog Jua Jua Kayuagung, Monda Satrialaga Erson mengatakan, stok beras yang ada ini mencukupi sampai akhir tahun. Stok ini bukan untuk Kabupaten OKI saja tetapi untuk Kabupaten/Kota lainnya yang membutuhkan. 

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Bulog Kucurkan Bantuan Beras 10 Kg dan Disalurkan Lewat Kantor Pos di Kabupaten/Kota di Sumsel

"Yang jelas apabila stok beras kekurangan di sini bisa diambil dari gudang yang lain. Jadi tidak ada istilah kekurangan beras," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: