Gunung Api Karangetang Luncurkan Lava Pijar, Warga Diminta Waspada

Gunung Api Karangetang Luncurkan Lava Pijar, Warga Diminta Waspada

Gunung Karangetang. foto: PVMBG--

Gunung Api Karangetang Luncurkan Lava Pijar, Warga Diminta Waspada

MANADO, SUMEKS.CO - Aktivitas Gunung Api Karangetang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, mengeluarkan lava pijar. 

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang Yudia P Tatipang meminta kepada warga untuk tetap waspada dan mengikuti rekomendasi yang dikeluarkan PVMBG. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap Gunung Api Karangetang, mencatat jarak luncuran lava pijar yang mengarah ke sejumlah kali mencapai 750 meter sampai 1.500 meter.

"Kami berharap warga tetap waspada dan mengikuti rekomendasi yang dikeluarkan PVMBG," ujar Yudia di Manado, Selasa 23 Mei 2023.

Dikatakannya, pada periode pengamatan Selasa 22 Mei 2023 pukul 18.00-24.00 WITA, leleran lava lebih kurang 300 meter dari puncak kawah utama. Dari ujung leleran sering terjadi guguran lava pijar ke arah Kali Batuawang, Kali Kahetang sekitar 1000-1500 meter.

BACA JUGA:PVMBG Naikkan Status Gunung Api Dempo level 2

Sedangkan guguran lava pijar dari puncak kawah sesekali terjadi ke arah Kali Keting, Kali Batang, Kali Timbelang, Kali Beha Barat sekitar 1.000 meter. Kemudian, ke kali Beha Timur dan Kali Bahembang sekitar 750 meter.

Bunyi guguran terdengar lemah sampai kuat sementara sinar api kawah dua sekitar 25 meter.

PVMBG menrekam terjadi 38 kali gempa guguran amplitudo antara 10-45 milimeter durasi antara 40-189 detik. Satu kali gempa hybrid/fase banyak Amplitudo 20 milimeter, S-P : 0 detik dengan durasi 15 detik. Terekam pula dua kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo antara 5-10 milimeter, S-P antara 8-15 detik selama 49 detik.

"Gempa guguran masih cukup tinggi, sementara tingkat aktivitas berada pada level III siaga," ucapnya. Dia berharap masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak mendekati, tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya.

Yaitu radius 2,5 kilometer dari puncak kawah dua dan kawah utama serta area perluasan sektoral ke arah barat daya, selatan, tenggara sejauh 3,5 kilometer. Warga diharapkan mewaspadai guguran lava dan awan panas guguran yang dapat terjadi sewaktu-waktu dari penumpukan material lava sebelumnya karena kondisinya belum stabil dan mudah runtuh, terutama ke sektor selatan, tenggara, barat dan barat daya.

Masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: