Hary Tanoesoedibjo Gantikan Johnny G Plate Jadi Menkominfo?

Hary Tanoesoedibjo Gantikan Johnny G Plate Jadi Menkominfo?

Hary Tanosoedibjo.--

Hary Tanoesoedibjo Gantikan Johnny G Plate Jadi Menkominfo?

JAKARTA, SUMEKS.CO - Nama Ketua Umum Parta Perindo Hary Tanoesoedibjo disebut-sebut akan menggantikan Johnny G Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang tersandung kasus dugaan korupsi STB televisi digital.

Selain sebagai Ketum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo juga dikenal sebagai bos media cetak dan elektronik Tanah Air. 

Hary Tanoe alias HT lahir di Surabaya 26 September 1965. Dia merupakan salah satu konglomerat paling kaya dengan kepemilikan harta mencapai US$ 1,09 miliar atau setara dengan Rp16,35 triliun (kurs Rp15.000/dolar AS).

Karena jumlah kekayaannya yang fantastis, HT masuk dalam daftar Forbes Indonesia's 50 richest 2022. Hary Tanoe menduduki peringkat ke-39 sebagai orang terkaya di Indonesia dan berada di peringkat ke-1.929 sebagai orang paling kaya di dunia.

BACA JUGA:Menkominfo Ditahan, Surya Paloh Kumpulkan Kader NasDem

Hary Tanoe memperoleh gelar Bachelor of Commerce (Honors) dari Carleton Unversity, Kanada di tahun 1988 dan Master of Business Administration dari Ottawa University, Kanada pada tahun 1989.

HT membangun bisnis media setelah lulus kuliah. Hingga saat ini dirinya masih memiliki lebih dari 60 stasiun TV, stasiun radio, dan surat kabar.

Hary Tanoe menjabat sebagai Komisaris Utama PT MNC sejak bulan Februari 2004. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Direktur Utama pada: PT Global Mediacom Tbk sejak 2002, PT Media Nusantara Citra Tbk sejak 2004, PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) sejak 2010, PT MNC Land Tbk sejak 2011, PT GLD Property sejak 2012.

Selain itu, Hary Tanoe juga menjabat sebagai Komisaris Utama pada: PT MNC Sky Vision Tbk (Indovision) sejak 2006, PT MNC Sekuritas sejak 2004, PT Global Informasi Bermutu (Global TV) sejak 2009, PT Media Nusantara Informasi sejak 2009 dan PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia (MNCTV) sejak 2011.

Barulah setelah itu dia mengundurkan diri sebagai CEO Media Nusantara Citra (MNC), yang memiliki empat stasiun TV nasional, pada tahun 2016 untuk fokus pada politik.

BACA JUGA:Sssttt... Menkominfo Jadi Tersangka Kasus BTS, ini Jumlah Kerugian Negara

Selain menjadi pengusaha sukses, suami dari Liliana Tanaja Tanoesoedibjo itu juga mempunyai partai politik sendiri, yakni Partai Persatuan Indonesia atau biasa dikenal Partai Perindo. Partai Perindo milik Hary Tanoe didirikan pada tahun 2014 silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: