Jutaan Warga Turki Masih Inginkan Erdogan, Unggul Tipis Pemilu Turki 2023

Jutaan Warga Turki Masih Inginkan Erdogan, Unggul Tipis Pemilu Turki 2023

Erdogan unggul di perhitungan suara sementara Pemilu Turki 2023.-foto sumeks.co-

Erdogan Unggul Tipis di Pemilu Turki, Lanjut Putaran 2

SUMEKS.CO - Pemilihan Presiden Turki berdasarkan perhitungan suara sementara, Recep Tayyip Erdogan masih unggul dengan meraih 49,02 persen.

Saingan kuatnya, Kemal Kilicdaroglu meraup 45,2 persen dan Sinan Ogan 5,3 persen pada Pemilu yang belangsung Minggu 14 Mei 2023.

Melihat hasil sementara itu, kemungkinan besar pemilihan presiden Turki harus 2 putaran. Rencanya 28 Mei akan digelar.

BACA JUGA:UPDATE, Masa Pelunasan Biaya Haji 1444 H Diperpanjang Lagi Sampai 19 Mei 2023

Putaran kedua diadakan jika calon presiden tidak memperoleh 50 persen suara.  

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan untuk sementara memimpin pemilu Turki. Sementara itu perhitungan suara sudah masuk 92 persen suara telah dihitung.

Kandidat presiden ketiga, Sinan Ogan, seorang ultra-nasionalis yang bersekutu dengan Erdoğan, menerima 5,29 persen. "Suara masih dihitung," kata Yener.

Recep Tayyip Erdoğan yang saat ini menjadi petahana yakin jika bakal memenangkan pemilihan. Namun Erdogan masih  menunggu hasil akhir. 

"Kami sudah 2,6 juta suara di depan pesaing terdekat kami. Saya yakin kesenjangan ini akan semakin meningkat dengan hasil akhir," kata Erdogan kepada para pendukungnya di markas Partai AK di Ankara. 

BACA JUGA:Bahar Smith Ditembak OTK, Allah Masih Melindungi

''Saya sangat percaya bahwa kami akan terus melayani masyarakat dalam lima tahun ke depan,” ujarnya disambut sorak-sorai para pendukungnya. 

Sementara itu, rival Erdogan Kilicdaroglu membalas dengan argumennya sendiri. Para penentang mengatakan pemerintah sengaja memperlambat penghitungan di daerah-daerah yang mendapat dukungan kuat dari Kilicdaroglu. 

''Kami adalah pemenangnya," tweet pria berusia 74 tahun itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: