Harga TBS di Sumsel Kembali Normal, Petani Sawit Senang

Harga TBS di Sumsel Kembali Normal, Petani Sawit Senang

TBS sawit.--

Harga TBS di Sumsel Kembali Normal, Petani Sawit Senang

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Harga tandan buah segar (TBS) yang sempat anjlok beberapa pekan lalu, mulai mengalami kenaikan. Harga TBS yang terus naik belakangan ini membuat petani buah kelapa sawit mengucap syukur. 

Harga TBS naik jelas sangat dirasakan para petani sawit swadaya di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, disebutkan harga TBS untuk periode Selasa 9 Mei 2023 kemarin harganya tembus Rp2.000-an per kg. 

Sebelumnya harga TBS di Sumsel yakni kabupaten/kota harganya tidak sampai Rp2.000/kg. Kini harganya tembus Rp2.000/kg.

Di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk harga TBS di PT Kelantan Sakti (KS) naik Rp50 menjadi Rp2.125 untuk TBS grade A dan Rp2.085 untuk grade B.

BACA JUGA:Harga Sawit Turun, Petani di Muara Enim Galau

"Ya benar harga kelapa sawit belakangan ini mulai naik, kalau sebelumnya harganya di bawah Rp 2.000/kg. Yakni berkisar Rp1.700 hingga Rp1.800/kg pernah di bawah itu," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI, Dedi Kurniawan SSTP melalui Kepala Bidang Penyuluhan Pengolahan dan Pemasaran, M Zulkarnain SP. 

Dikatakan Zulkarnain untuk produksi sendiri saat ini masih sama, dimana tanaman buah kelapa sawit ini tidak terkendala cuaca. Baik musim hujan atau panas tetap sama. 

Sementara itu untuk di Kabupaten Ogan Ilir, harga TBS di PT GON dan menjadi Rp 1.750 untuk TBS petani swadaya dan Rp1.880 per kg.

Kemudian harga TBS swadaya di PT Indralaya Agro Lestari (IAL) naik Rp30 menjadi Rp1.880 per kg. Lalu, Kabupaten Muara Enim, harga TBS di PT Berlian Inti Mekar (BIM) naik Rp30 menjadi Rp1.940, PT GAS naik Rp50 menjadi Rp2.100 per kg.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: