Pakai Mobil Listrik Banyak Plusnya, Ini Cerita Rosi

Pakai Mobil Listrik Banyak Plusnya, Ini Cerita Rosi

--

Pakai Mobil Listrik Banyak Plusnya, Ini Cerita Rosi

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Menjadi contoh sebagai pengguna mobil listrik, Rosi Tri Kriswanto, salah satu pegawai PLN UID S2JB, telah menggunakan kendaraan listrik sejak Bulan Oktober 2022.

Mobil listrik berwarna biru magenta telah menemaninya di sepanjang jalan berangkat dan pulang kantor. Rosi mengaku tertarik menggunakan mobil listrik karena lebih efisien.

Biaya operasionalnya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil konvensional berbahan bakar fossil. Dalam sebulan, Ia bisa menghemat biaya sekitar 88% dibandingkan ketika menggunakan mobil konvensional. 

Dari sisi kepraktisan, mobil listrik yang Ia gunakan memiliki dimensi compact, sehingga cukup lincah jika bermanufer pada kondisi lalu lintas padat dan gang-gang sempit.

BACA JUGA:SIKAT! Hantu Rimba Hajar KKB Tembaki Kendaraan Warga Papua, 2 Kena Eksekusi, Satu Kena Petik Operasi Senyap

“Bentuknya yang compact membuat mobil ini lebih lincah, bisa memangkas waktu dan jarak tempuh di Kota Palembang yang macet, serta tidak membutuhkan space parkir yang besar. Selain itu, dengan mobil listrik Saya jadi terbebas dari antrian pengisian bahan bakar karena alternatif pengisian daya listriknya bisa dilakukan di berbagai tempat, seperti di rumah, di kantor, di mall ataupun di SPKLU,” ungkap Rosi.

Kapasitas daya listrik baterai mobil yang Rosi gunakan adalah sebesar 26,7 kWh. Dengan daya listrik tersebut, mobil mampu menempuh jarak hingga 300 km.

Namun hal ini juga tergantung dari kondisi jalan dan gaya berkendara pengguna mobil. 

“Kalo kondisi macet, tentunya jarak tempuh dengan daya tersebut menjadi lebih pendek” kata Rosi.

BACA JUGA:Kode Redeem Free Fire Terbaru Edisi 9 Mei 2023, Terbukti Bisa Diklaim

Untuk lama waktu pengisian daya, terhitung dari persentase baterai 20% hingga kondisi full membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Saat ini, secara umum kendaraan listrik sudah dilengkapi fitur energi recovery yang menjadi keunggulan.

“Ketika mengaktifkan fitur energi recovery, apabila kita melalui jalan dengan kontur menurun, mobil akan melakukan pengisian baterai secara otomatis, karena mobil memanfaatkan fungsi regeneratif braking pada motor listriknya, sehingga jangkauan jarak tempuh menjadi bertambah.” terang Rosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: