Tinjau Proyek PLTU Sumsel 8, ini Pesan Plt Bupati Muara Enim

Tinjau Proyek PLTU Sumsel 8, ini Pesan Plt Bupati Muara Enim

Ahmad Usmarwi Kaffah meninjau proyek pembangunan PLTU Sumsel 8, Kamis 4 Mei 2023. foto: SEG--

Tinjau Proyek PLTU Sumsel 8, ini Pesan Plt Bupati Muara Enim

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Keberadaan PLTU Sumsel 8 di Kabupaten Muara Enim dan saat ini masih dalam proses pembangunan, dan  diharapkan memberikan manfaat besar kepada masyarakat Bumi Serasan Sekundang. 

Hal ini disampaikan Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah disela-sela kunjungan kerja ke PT Huadian Bukit Asam Power (HBAP) PLTU Sumsel 8 di Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Kamis 4 Mei 2023.

"Kita berharap kepada PLTU Sumsel 8 ketika telah beroperasi nanti untuk memprioritaskan pasokan energi untuk Kabupaten Muara Enim," kata Ahmad Usmarwi Kaffah dikutip enimekspres.bacakoran.co, terbit Jumat 5 Mei 2023.

Selain itu, lanjutnya, PLTU Sumsel 8 juga lebih mengutamakan tenaga kerja lokal dari Kabupaten Muara Enim.

"Saya akan bersurat dengan pemerintah pusat dan pihak terkait untuk urusan energi. Sebab sampai saat ini Kabupaten Muara Enim sangat sering byar pyet. Padahal Muara Enim lumbung energi,” terangnya.

BACA JUGA:Dampak Aktivitas PLTU, Pohon Karet Mati Terendam Banjir

Menurut Kaffah, setelah dirinya mendengarkan paparan dari manajemen PT HBAP dan melihat langsung progres pembangunan PLTU Sumsel 8, dirinya yakin dan  optimis pekerjaannya akan selesai tepat waktu. Bahkan, pihaknya mengapresiasi, ternyata teknologi yang diterapkan di PLTU Sumsel 8 sangat canggih dan ramah lingkungan. Karena hasil buangan karbon dioksidanya sangat kecil sekali.

"Ini kan PLTU yang sangat besar, tentu akan memberikan manfaat yang besar bagi bangsa dan negara terutama Pemkab dan masyarakat Muara Enim,” harap Kaffah.

Sementara itu Presiden Direktur PT HBAP Gu Qiucheng didampingi Site General Manager Gusti Anggara dan pejabat lainnya mengatakan bahwa perusahaan sudah berkomitmen akan menjadi PLTU terbaik di Indonesia dan paling ramah lingkungan. 

Dimana sejak dibangun 2019, cukup banyak kendala yang dihadapi mulai dari COVID-19 dan sebagainya. Namun atas kerja sama semua pihak akhirnya proyek ini hampir selesai.

BACA JUGA:Ratusan Pekerja PLTU Sumsel 1 Mogok Kerja Massal

"Jika tidak berhalangan pada akhir tahun 2023, PLTU Sumsel 8 mulai komersial," ucapnya. 

Ditambahkan Gusti Anggara, bahwa pihaknya juga akan berkomitmen memprioritaskan tenaga kerja lokal seiring dengan transfer tekhnologi dari tenaga kerja asing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: