Drone Sasar Kremlin, Rusia Tuding Ukraina Berada di Balik Aksi

Drone Sasar Kremlin, Rusia Tuding Ukraina Berada di Balik Aksi

Vladimir Putin dikawal.--

Drone Sasar Kremlin, Rusia Tuding Ukraina Berada di Balik Aksi 

MOSKOW, SUMEKS.CO - Presiden Rusia Vladimir Putin nyaris menjadi korban bom menggunakan drone. Serangan drone mengguncang kompleks Kremlin di ibu kota Moskow, Rusia. Namun, belum sempat drone tersebut melancarkan serangan, militer Rusia berhasil menggagalkannya.

Vladimir Putin pun berhasil selamat tanpa mengalami cedera apapun karena kebetulan sedang tidak berada di Kremlin saat serangan terjadi.

Dilansir Reuters dan AFP, Kamis 4 Mei 2023, otoritas Rusia menyebut ada dua kendaraan udara tak berawak atau drone yang melancarkan serangan terhadap kompleks Kremlin pada Rabu 3 Mei malam waktu setempat. Moskow menyatakan serangan drone itu berhasil digagalkan.

Karena sedang berkonflik dengan Ukraina, Rusia langsung menuding negara tersebut berada di balik serangan drone.

Moskow juga menyatakan bahwa Putin selamat dari insiden itu dan tidak mengalami cedera apapun. Menurut juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, Putin sedang bekerja di kediamannya yang lain yang ada di dekat Moskow pada Rabu 3 Mei 2023 saat serangan drone terjadi.

BACA JUGA:Telpon Vladimir Putin, Jokowi Minta Perang Segera Diakhiri

Kantor berita RIA menyebut Putin sedang tidak berada di Kremlin saat serangan drone itu terjadi, dan tepatnya sedang bekerja di kediamannya yang lain di Novo Ogaryovo yang terletak di luar Moskow.

Kremlin dalam pernyataannya menyebut serangan drone itu sebagai 'aksi teroris' dan sebagai 'percobaan pembunuhan' terhadap Putin. Putin sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi terhadap upaya percobaan pembunuhan terhadap dirinya itu. 

Kremlin dalam pernyataannya menyebut tindakan cepat dari militer dan dinas khusus Rusia dengan menggunakan sistem radar perang berhasil melumpuhkan dua drone yang mengudara di atas kompleks Kremlin itu.

Disebutkan oleh Kremlin bahwa puing-puing drone berserakan di halaman kompleks Kremlin, dan dinyatakan tidak ada korban luka maupun kerusakan akibat serangan itu.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: