Diguyur Hujan Deras, Jalinsum Tergenang Banjir

Diguyur Hujan Deras, Jalinsum Tergenang Banjir

BANJIR : Tampak salah satu ruas Jalinsum tepatnya di di dusun IV Talang Padang, Desa Dalam, Kecamatan Belimbing terendam banjir.--

Diguyur Hujan Deras, Jalinsum Tergenang Banjir 

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Diguyur hujan deras dan saluran air tidak berfungsi, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di dusun IV Talang Padang, Desa Dalam, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, terendam banjir.

Akibatnya para pengendara terutama roda dua harus ekstra hati-hati ketika melintas dan menimbulkan kemacetan, Senin 1 Mei 2023.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, banjir akibat sebelumnya diguyur hujan deras dan saluran air yang tidak berfungsi sehingga membuat air cukup deras mengalir dan menutupi kawasan jalan raya hingga sampai selutut orang dewasa. 

Akibatnya para pengemudi kendaraan terutama kendaraan roda dua harus berhenti dan ekstra hari-hati ketika akan melintas sebab arus air cukup deras yang bisa saja menyeret pengendara.

BACA JUGA:Penghitungan Upah Belum Berpihak Kepada Pekerja

Atas kejadian tersebut, terlihat anggota Polri, TNI, Senkom dan masyarakat saling bahu membahu mengatur arus lalulintas yang sempat terjadi kemacetan panjang akibat adanya luapan air tersebut.

"Kita pandu dan kita tandai dengan kayu tonggak agar pengendara tidak terjebak saat melintas," ujar Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi melalui Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Suwandi didampingi anggotanya.

Menurut AKP Suwandi, genangan air ini selalu terjadi terutama ketika hujan deras terus menerus di wilayah ini. Hal ini dikarenakan saluran airnya terlalu kecil sehingga antara debit air yang dihasilkan tidak sepadan yang dibuang. 

Untuk itu, kepada pihak yang terkait untuk bisa membuat atau membangunkan drainase yang lebih presentatif sehingga setiap ada hujan masyarakat terutama para pengendara tidak was-was ketika melintas dilokasi ini.

BACA JUGA:Lagi...Pertanda Apa? Hewan Menggemaskan Ini Juga Jatuhkan Bendera Israel, Netizen: Kucingpun Tak Suke

"Sekarang kondisinya sudah surut selama terendam banjir kita siap siaga terutama jika diguyur hujan kembali," ujarnya.

Menurut Wandriyadi alis Hendri (45), warga setempat mengatakan bahwa kejadian ini sudah sangat sering terjadi terutama setiap hujan deras mengguyur, dimana air sering menyebrangi jalan dan merendamnya. Ini disebabkan gorong-gorongnya terlalu kecil dan sering tersumbat, sehingga air naik kejalan. 

Meski tergenangnya tidak terlalu lama namun sangat menganggu pengguna jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: