Ini Jumlah Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera Arus Mudik-Balik Lebaran Idulfitri

Ini Jumlah Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera Arus Mudik-Balik Lebaran Idulfitri

Gerbang Tol Keramasan Palembang. foto: dendi romi sumeks.co--

Ini Jumlah Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera Arus Mudik-Balik Lebaran Idulfitri

PALEMBANG, SUMEKS.CO - PT Hutama Karya (Persero) mencatat terdapat sekitar 2,2 juta kendaraan telah melintasi ruas-ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 2,2 juta kendaraan yang melintas tersebut dimulai per H-7 Lebaran 15 April 2023 hingga H+4 Lebaran Idulfitri 1444 H Rabu 26 April 2023.

Diketahui JTTS yang dikelola oleh PT Hutama Karya mengalami lonjakan arus mudik atau balik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijrah yang cukup siginifikan.

Hal itu diungkapkan EVP Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol PT Hutama Karya (Persero), Dwi Aryono Bayuaji melalui keterangan resminya, beberapa hari lalu.

“Angka tersebut cukup signifikan yakni sekitar 2,2 juta kendaraan, atau meningkat 41 persen jika dibandingkan dengan Volume Lalu Lintas (VLL) Normal,” kata Dwi Aryono Bayuaji.

BACA JUGA:DUH SENANGNYA! Kerinduan Sepasang Lansia Nekat Jalan Kaki Menyusuri Tol Cisumdawu Terobati

Dwi Aryono menjelaskan, secara spesifik selama Arus Balik Lebaran 2023 didapati lonjakan lalu lintas yang cukup tinggi pada H+4 atau Rabu 26 April 2023. Yakni tercatat sebanyak total 13.313 kendaraan yang keluar dari Sumatera.

“Melalui Gerbang Tol Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni hingga Terbanggi Besar yang merupakan pintu keluar akhir dari Jalan Tol Trans Sumatera atau meningkat sebanyak 77,36 persen jika dibandingkan dengan VLL Normal,” jelasnya.

Dwi menuturkan, Hutama Karya akan terus meng-update perkembangan terkini mengenai volume lalu lintas di JTTS. Pihaknya mengimbau pemudik atau pengendara dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol

"Berkendara di kecepatan maksimal 80 km/jam," imbaunya.

BACA JUGA:Owalah! Demi Obati Kangen Pada Cucu, Sepasang Lansia Nekat Jalan Kaki Susuri Tol Cisumdawu Sepanjang 62 KM

Dwi menyebutkan, pengendara juga mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi. Selain itu, memastikan berkendara dalam kondisi prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk.

“Pastikan juga saldo kartu uang elektronik tercukupi sebelum melakukan perjalanan, serta selalu setuju bahwa keselamatan adalah nomor satu,” tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: