Plt Bupati Muara Enim Sambangi Kantor Disnakertrans, ini Pesannya

Plt Bupati Muara Enim Sambangi Kantor Disnakertrans, ini Pesannya

Ahmad Usmarwi Kaffah mengunjungi Kantor Disnakertrans Muara Enim, Rabu 26 April 2023. foto:SEG--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Tingginya persaingan kerja di era globalisasi, memungkinkan bertambahnya jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kabupaten Muara Enim. Calon pencari kerja lokal, kalau mau diterima bekerja harus meningkatkan skill atau kemampuan. 

Apabila tidak tentunya memiliki pengaruh terhadap kesempatan kerja bagi tenaga kerja lokal yang ada di Kabupaten Muara Enim.

"Saya sangat mengapresiasi apa-apa yang sudah dilakukan oleh Disnaker Muara Enim, termasuk seluruh inovasi yang selama ini terus diupayakan dalam mendukung pendapatan daerah,” kata Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah pada Kunjungannya ke kantor Disnaker Trans Muara Enim, Rabu 26 April 2023, dikutip enimekspres.bacakoran.co, terbit Kamis 27 April 2023.

Kaffah berpesan, bahwa semua telah dilakukan secara baik. Namun di era keterbukaan ini, akan ada banyak TKA yang masuk bekerja di Muara Enim. Hal ini baik namun menjadi warning (peringatan) bagi tenaga kerja lokal. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam meningkatkan skill calon tenaga kerja lokal untuk menempuh dunia kerja oleh Disnaker Trans Muara Enim.

BACA JUGA:Hari Raya Idul Fitri Lapas Muara Enim Ramai Pengunjung Besuk

Disampaikan Kaffah, Disnaker Trans harus meningkatkan skill para calon tenaga kerja, jangan sungkan untuk melakukan berbagai inovasi yang baik.

“Inovasinya bagus, kami akan berikan support, dukungan sehingga masyarakat lokal menjadi siap bersaing,” tegasnya.

Sambungnya, ketika sebuah perusahaan membuka lapangan pekerjaan, maka tenaga kerja lokal sudah siap, sehingga masyarakat lokal bisa dipekerjakan dalam hal ini diterima berdasarkan skill yang dimiliki. 

Menurutnya, diperlukan data, dipantau, bila perlu ada database khusus. Yakni skill apa yang dibutuhkan perusahaan. Jadi ketika ada kebutuhan, bisa mempersiapkan itu. 

Kemudian, buat curva tiap bulan peningkatan tenaga kerja asing, agar bisa terpantau dan diketahui.  Selain itu, agar bisa menilai semakin naik tenaga kerja asing. 

BACA JUGA:Hari Raya Idul Fitri Lapas Muara Enim Ramai Pengunjung Besuk

"Jadi berarti kita harus lebih keras membina tenaga kerja lokal kita," ujarnya.

Ditambahkannya, harus ada analisa, kenapa sampai tenaga kerja lokal menurun, apa penyebabnya. Perlu dipantau perusahaan sedang membuka lowongan apa saja. Misal tahun depan, mulai data mahasiswa  atau membina masyarakat untuk mempersiapkan itu. 

"Ini adalah untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Kemudian dicari juga lowongan apa yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: