Jelang Lebaran, Transaksi Jual Beli Emas Meningkat

Jelang Lebaran, Transaksi Jual Beli Emas Meningkat

TRANSAKSI : Warga membeli emas sebagai wadah investasi.--

Jelang Lebaran, Transaksi Jual Beli Emas Meningkat

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Menjelang lebaran Idul Fitri 1444 H, kebutuhan masyarakat meningkat karena harus membiayai hidangan lebaran, mudik dan kebutuhan hari raya lainnya.

Dengan meningkatnya kebutuhan tersebut, banyak masyarakat yang menggunakan berbagai macam cara untuk membiayai kebutuhannya mulai dari meminjam uang, mencairkan tabungan hingga menjual emas.

"Masyarakat menjual emas sudah mulai terlihat H-4,"ujar Evi pemilik Toko Emas Pupuler Kota Muara Enim disela-sela melayani masyarakat hendak menjual emas maupun membeli, Kamis 20 April 2023.

Namun puncak peningkatan tersebut, kata Evi, memasuki H-2 lebaran Idul Fitri. Hal tersebut disebabkan karena minat masyarakat akan menjual emas lebih tinggi. "Ramai (Menjual emas), H-4 sampai H-1,"ucap Evi.

BACA JUGA:Jelang Idulfitri ATM Ikutan Ramai, Jamin Stok Uang Cukup, Turunkan 3 Tim Grup Monitoring

Selain bisa menjual ada juga yang membeli, karena emas sebenarnya juga bisa digunakan sebagai wadah investasi

Emas menjadi alat investasi yang optimal karena volumenya yang tidak akan berubah dan harganya yang terus meningkat seiring perubahan nilai tukar.

"Saat ini, harga emas logam mulia 24 karat Rp5,9 juta," terangnya.

Untuk penjualan emas, kata dia, terus naik. Yang laku adalah perhiasan seperti kalung, gelang, liontin, dan cincin. Makin dekat menjelang lebaran Idul Fitri biasanya omzetnya makin naik.

"Mendekati lebaran masyarakat ramai menjual kembali emasnya. Bahkan mengalami peningkatan 10 persen,"jelasnya.

BACA JUGA:Mencekam! Detik-detik 2 Prajurit TNI Lolos Dari Kepungan Pasukan KKB, Sempat Ragu Balas Tembakan

Pantauan di pasar Muara Enim, konsumen toko emas terlihat lebih banyak dari biasanya. Ada yang membeli emas, namun ada pula yang menjual emas.

Namun warga yang menjual emas jauh lebih banyak  dengan alasan sedang membutuhkan uang untuk persiapan lebaran dan untuk biaya anak sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: