Gerhana Matahari Dirusak Hujan Deras, Benarkah Semakin Nyata yang Disampaikan Rasulullah SAW?

Gerhana Matahari Dirusak Hujan Deras, Benarkah Semakin Nyata yang Disampaikan Rasulullah SAW?

Hujan deras usai gerhana matari hibrida--

Gerhana Matahari Dirusak Hujan Deras, Benarkah Semakin Nyata yang Disampaikan Rasulullah SAW?

SUMEKS.CO - Gerhana Matahari Hibrida (GMH) tahun ini tak seindah tahun sebelumnya. Fenomena alam langka yang harusnya bisa dilihat dengan mata namun harus dirusak dengan turunnya hujan deras dibeberapa daerah yang dilewati gerhana.

Sebagian wilayah langit nusantara hari ini 20 April 2023 dilewati GMH. Namun sayang, fenomena alam yang terjadi puluhan bahkan ratusan tahun ini diselimuti hujan.

Sebagaimana yang diprediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang menyatakan bahwa hujan akan terjadi di siang hari.

BACA JUGA:Ngakak! Detik-Detik Gerhana Matahari Di Palembang Diacuhkan, Masyarakat Justru Riweh Belanja Keperluan Lebaran

Namun, jika menurut pandangan para ulama, fenomena GMH yang terjadi tahun ini diprediksi juga akan ada peristiwa besar tentang adanya tanda kemunculan berbagai hal yang meyangkut kemunculan Imam Mahdi dan datangnya hari kiamat.

Mengenai gerhana matahari sebelumnya sudah disampaikan Rasulullah SAW kepada sahabatnya. Dalam hadist yang diriwayatkan Bukhari disebutkan, saat terjadinya gerhana Rasulullah langsung melaksanakan salat sunah.

Disebutkan juga dalam riwayat lainnya, Rasulullah SAW ketika terjadinya gerhana matahari sangat khawatir dan ketakutan, jika seandainya pada hari itu Allah SWT mengirimkan suatu bencana atau tanda datangnya hari kiamat.

Pada zaman nabi, Rasulullah SAW melaksanakan salat sunah hingga gerhana yang tampak di langit benar-benar menghilang dan tak bisa disaksikan lagi dengan mata.

BACA JUGA:WOW! Gerhana Matahari Di Langit Kota Palembang Terhalang Awan, Saat Diabadikan Ditemukan Objek Aneh...Apa itu?

Kekhawatiran Rasulullah SAW juga disampaikan Ustaz Abu Humairah melalui channel youtube @Pencari Ilmu, Kamis 20 April 2023.

Dalam video yang berdurasi sekitar 10 menit itu Ustaz Abu Humairah menceritakan tenrang kekhawatiran Rasulullah SAW saat terjadi gerhana.

"Rasulullah SAW saking takutnya dengan gerhana sampai surban yang biasa digunakan untuk salat dilupam dan tertinggal dirumahnya," ucap Ustaz Abu Humairoh.

Namun, dibalik berbagai fenomena dan spekulasi tentang keterkaitan gerhana pada ramadan tahun ini dengan tanda terjadi kiamat atau semacamnya belum bisa dipastikan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: