Mudik Menggunakan Transportasi Air, ini Saran Kadishub OKI

Mudik Menggunakan Transportasi Air, ini Saran Kadishub OKI

Alexander Bustomi.--

Mudik Menggunakan Transportasi Air, ini Saran Kadishub OKI

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Arus mudik mendekati Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah mulai terjadi sejak H-7. Pemudik atau penumpang transportasi air dihimbau gunakan pelampung life jacket

"Kita imbau kepada penumpang khususnya pemudik yang menggunakan tranaportasi air yakni speedboat agar gunakan pelampung life jacket," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten OKI Alexander Bustomi SP. 

Menurut dia, aspek keselamatan kepada penumpang harus diutamakan oleh pemilik jasa transportasi di air. Yakni penumpang disiapkan pelampung life jacket. 

Dijelaskan Alex, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satpol Air Polres OKI dalam upaya upaya pencegahan kecelakaan di air. Apalagi Kabupaten OKI ada daerah perairan. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada pemilik jasa transportasi air atau operator-operator untuk mengutamakan keselamatan semua penumpang. 

BACA JUGA:Kenaikan BBM, Tarif Speedboat Naik

Yakni dengan cara menyiapkan pelampung life jacket, kapasitas atau muatan jangan melebihi. Termasuk mengimbau para penumpangnya untuk tidak merokok di atau kapal atau speed boat. 

"Apabila merokok di atas speed (speedboat) bisa memicu meledak atau terbakarnya speed karena menggunakan BBM," terangnya, Selasa 18 April 2023.

Kemudian, terpenting lagi, kata Alex, pemilik speed boat agar memperhatikan benar kondisi kendaraan atau speedboat yaitu laik jalan tidak. Jadi dalam kondisi baik. 

Alex mengatakan, himbauan mengenai keselamatan kepada penumpang sebelum sebelumnya telah disosialisasikan yakni kepada pemilik jasa transportasi di dermaga Tulung Selapan. 

"Tahun ini jumlah pemudik tinggi karena sudah beberapa tahun ini masyarakat tidak bisa mudik. Maka perlu diingatkan keselamatan," jelasnya. 

Alex menambahkan, petugas Dishub OKI ada sebanyak 50 personil disiapkan dalam membantu Polres OKI pelayanan pengamanan kepada pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: