SNBT Dimulai, Unsri Sediakan Kuota 4.275 Mahasiswa

SNBT Dimulai, Unsri Sediakan Kuota 4.275 Mahasiswa

Anis Saggaff. --

SNBT Dimulai, Unsri Sediakan Kuota 4.275 Mahasiswa

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2023 segera dimulai. Universitas Sriwijaya (Unsri) menyiapkan kuota jalur kedua masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebesar 50 persen dari daya tampung atau sekitar 4.275 mahasiswa.

Rektor Unsri Anis Saggaff dampingi Koordinator Humas  Zulkifli Dahlan mengatakan, terdiri dari jalur  Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sebanyak 1.710 mahasiswa, SNBT  sebanyak  4.275 mahasiswa, dan terakhir jalur mandiri 2.565  mahasiswa.

"Peserta hanya boleh mendaftar satu kali, artinya bagi siswa yang sudah dinyatakan lulus jalur SNBP tidak diperkenankan lagi ikut jalur SNBT sesuai aturan pusat," kata Anis Saggaff dikutif SUMATERAEKSPRES.ID, Sabtu 15 April 2023. 

BACA JUGA:Seminar Nasional FH Magister Unsri: Dosen Wajib Buat Buku Bahan Ajar, Legacy Keilmuan Berawal dari Sebuah Buku

Anis Saggaff menambahkan, dari data pusat, sudah ada sebanyak 21.347 peserta yang mendaftar  Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Unsri per 14 April 2023 . 

"Ini Àngka dipastikan meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya," ujar Anis Saggaff. 

Anis Saggaff mengatakan, pelaksanaan UTBK SNBT dibagi dalam dua gelombang. Pertama pada 8-14 Mei 2023. Gelombang kedua  pada 22-28 Mei 2023.

"Untuk pengumuman hasil SNBT pada 20 Juni 2023. Sementara masa unduh sertifikat UTBK  26 Juni-31 Juli 2023.  Seluruh kegiatan  pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB,," ungkap Anis Saggaff. 

Anis Saggaff menghimbau kepada peserta yang mendaftar untuk tidak memanipulasi data. 

BACA JUGA:Civitas Akademika Unsri Bawa Bantuan ke 3 Kecamatan di Lahat, Mahasiswa Buka Posko Hangat di Desa Lubuk Sepang

"Data akan diverifikasi oleh tim, jadi jangan sekali-kali berbuat curang," jelas Anis Saggaff. 

Sementara, untuk biaya kuliah sendiri berdasarkan UKT. Untuk UKT  UKT Rp 500 ribu-Rp 1Juta.

Zulkifli Dahlan menambahkan, khusus Fakultas Kedokteran dan Elektro. Selain ujian tertulis, ada juga tes buta warna. "Terakhir, peserta yang lolos nantinya ada juga tes bebas narkoba," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: