Heboh Imam Salat Dilempar Sandal oleh ODGJ, Ini Pernyataan Tegas Ustaz Abdul Somad

Heboh Imam Salat Dilempar Sandal oleh ODGJ, Ini Pernyataan Tegas Ustaz Abdul Somad

Pernyataan tegas Ustaz Abdul Somad perihal seorang imam yang tak disukai makmum karena bacakan ayat terlalu panjang saat memimpin salat berjamaah.--

Heboh Imam Salat Dilempar Sandal oleh ODGJ, Ini Pernyataan Tegas Ustaz Abdul Somad

SUMEKS.CO - Pernyataan tegas datang dari Ustaz Abdul Somad (UAS), perihal seorang imam yang tak disukai makmum karena bacakan ayat terlalu panjang saat memimpin salat berjamaah.

Dikutip dari postingan kanal youtube, Rabu 12 April 2023, dalam ceramahnya UAS secara tegas menyampaikan perihal imam yang tak disukai makmumnya karena salah satu alasan yakni bacaannya terlalu panjang.

Dalam unggahan tersebut, UAS mengatakan bahwa seseorang tak boleh menjadi imam kalau ada salah satu makmumnya tidak setuju.

BACA JUGA:Cek Fakta: Manjurnya Pengobatan Ibu Ida Dayak Diakui Ustaz Abdul Somad?

Terlebih, jika imam yang tak disukai makmumnya sering membaca ayat terlalu panjang karena tak tahu ilmu fiqih.

Pernyataan UAS itu sama halnya dengan kejadian yang menghebohkan media sosial, lantaran imam salat terawih di Masjid Pahang Malaysia dilempar sandal oleh makmum diduga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), karena ayat yang dibacakan terlalu panjang.

"Tak boleh orang jadi imam, kalau ada makmumnya yang tidak suka," tegas UAS.

UAS mengungkapkan, orang yang layak maju memimpin salat berjamaah harus juga disertai ilmu fiqih guna mengetahui syarat dan ketentuan yang harus dilakukan seorang imam.

BACA JUGA:Bayar Zakat Boleh Menggunakan Uang dari Hutang, Ini Penjelasan Ustad Abdul Somad

Salah satunya, dengan melihat kondisi dan situasi makmum dibelakang ketika hendak membaca ayat setelah Al Fatihah. Dianjurkan untuk imam salat berjamaah agar tidak membaca ayat terlalu panjang.

"Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar mempersingkat bacaan ketika salat berjamaah," tutur UAS.

Hal senada diungkapkan Ustaz Adi Hidayat melalui channel youtube yang dibagikan akun @ecihijrahchannel.

Dalam tausyiahnya itu, Ustaz Adi Hidayat mengatakan, pengurus masjid harusnya memilih imam salat yang mengerti paham dan paham tentang keadaan makmum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: