BBPOM-Dinkes Sidak Pasar Beduk Muara Enim, ini Hasilnya

BBPOM-Dinkes Sidak Pasar Beduk Muara Enim, ini Hasilnya

BBPOM Palembang bersama Dinkes Muara Enim melakukan sidak di Pasar Beduk, Rabu 5 April 2023. foto: SEG--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pasar Ramadan di Terminal Kota Muara Enim yang menjual berbagai macam makanan yaitu takjil dilakukan sidak oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palembang bersama Dinkes dan Disperindag setempat, Rabu 5 April 2023.

Hasil sidak yang dilaksanakan nihil bahan berbahaya lainnya yang merusak tubuh. Meskipun masih ada ditemukan di beberapa daerah lainnya di Sumsel.

Hal ini disampaikan Drs Zulkifli Apt, Kepala Balai Besar POM Palembang didampingi Kadinkes Muara Enim dr Eni Zatila dan Kadisperindag Muara Enim yang diwakili Kabid Perindustrian Dr Desy Hershanty usai melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) takjil Pasar Ramadan 1444 H Muara Enim di Terminal Kota Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, dikutip enimekspres.bacakoran.co, terbit Rabu 5 April 2023.

Diungkapkan Zulkifli, Kabupaten Muara Enim ini adalah kabupaten/kota kelima disidak. Dimana setelah ini akan langsung ke PALI dan Prabumulih. Sebelumnya, sidak dilakukan di Baturaja, OKUT, Ogan Ilir, dan Banyuasin. 

BACA JUGA:Pasar Beduk Sekanak Lambidaro Gagal, Ini Pembelaan Kadispar Palembang

"Kita lakukan sidak ini bertujuan untuk mengawasi peredaran makanan demi melindungi konsumen dari makanan berbahaya dan beracun terutama pada saat bulan Ramadan seperti ini," terangnya.

Menurut Zulkifli, pihaknya bersama dengan Dinkes dan Disperindag turun langsung ke lapangan ke pasar Ramadan. Dimana dari hasil Sidak di pasar Ramadan Muara Enim, lanjutnya, pihaknya mengambil 25 jenis makanan diantaranya camilan takjil yang biasa menjadi incaran masyarakat saat membeli kudapan berbuka. 

Hasilnya dari 25 jenis makanan tersebut semuanya bebas dari kandungan bahan berbahaya dan beracun, sehingga aman dikonsumsi.

Sambungnya, meski sejumlah makanan yang beredar dinyatakan bebas dari bahan berbahaya, pihaknya menghimbau kepada para pedagang agar menjual produk makanan yang berkualitas dan aman dikonsumsi bagi masyarakat.

"Sidak Ramadan tahun ini, dari 5 kabupaten/kota, kita menemukan Rhodamin B (perwarna tekstil) pada es cendol pink di Baturaja, dan Formalin di mie kiloan di Banyuasin,” jelasnya.

BACA JUGA:Lokasi Balap Liar di Palembang Jadi Pasar Beduk

Kadinkes Muara Enim dr Eni Zatila, mengatakan kegiatan sidak ini tujuannya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat terutama dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak mengandung bahan berbahaya dan beracun.

Dirinya meminta kepada pedagang untuk berjualan makanan dan minuman yang higienis dan aman. Sedangkan para konsumen untuk selalu teliti dan memperhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi sehingga benar-benar aman.

“Efek bahan makanan berbahaya ini akan berdampak jangka lama terhadap tubuh manusia seperti merusak fungsi lambung, hati dan sebagainya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: