Pengamanan Operasi Ketupat Musi 2023 Ekstra Ketat, Polda Sumsel Terjunkan Ribuan Personel

Pengamanan Operasi Ketupat Musi 2023 Ekstra Ketat, Polda Sumsel Terjunkan Ribuan Personel

Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol M Pratama Adhyasastra SIK MH didampingi Kabid Humas Kombes Pol Supriadi. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumsel bakal melakukan pengamanan ekstra dalam kesiapan rakor lintas sektor operasi ketupat Musi 2023, yang akan tiba sebentar lagi.

Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol M Pratama Adhyasastra SIK MH mengatakan, bahwa Ditlantas Polda Sumsel telah melakukan berbagai kesiapan dalam kesiapan rakor lintas sektor operasi ketupat Musi 2023.

"Dalam pengamanan yang kita lakukan ini tidak lain untuk menciptakan rasa nyaman, tertib, dan lancar dalam berlalu lintas dalam kegiatan preventif, preemtif dan represif," ujarnya Kamis 6 April 2023.

Untuk terget sendiri dalam Ops ketupat Musi 2023 ini agar terciptanya situasi Kamseltibcar lantas pada jalur tol, arteri dan lokasi wisata serta tempat ibadah. 

BACA JUGA:Selama Ops Ketupat Musi 2023, Sebanyak 91 Pos Disebar di Wilkum Polda Sumatera Selatan, Siap Amankan Pemudik

"Kita juga melakukan antisipasi perubahan cuaca yang mengakibatkan terjadinya longsor, banjir hingga dapat terganggunya Kamseltibcar lantas," katanya.

Selain itu juga menurunkan jumlah fasilitas korban laka lantas dan memperlancar arus lalu lintas, untuk pontensi kerawanan sendiri ada beberapa tempat. Sehingga pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi mengenai hal tersebut.

Untuk personel yang disiapkan yakni Polda Sumsel sebanyak 204, Polres sebanyak 1.709 personel, TNI sebanyak 292 personel, Dishub sebanyak 289 personel, Pol PP sebanyak 290 personel, Dinkes sebanyak 261 personel dan Damkar sebanyak 204 personel.

Sedangkan pos keamanan sebanyak 57 pos, pos terpadu sebanyak 8 pos, pos yan sebanyak 25 pos dan pos pantau sebanyak 7 pos.  

BACA JUGA:Polda Sumatera Selatan Akan Dirikan 91 Pos Selama Arus Mudik dan Balik Idul Fitri 2023

"Tujuan kita membuat pos tersebut tidak lain untuk membantu masyarakat yang melakukan mudik, untuk mendapatkan layanan polisi agar terciptanya rasa aman dan nyaman," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, bahwa Ditlantas Polda Sumsel bersama Satlantas Polres Stake holder lainnya siap melaksanakan operasi ketupat Musi 2023, dalam rangka merayakan Idul Fitri 1444 H. 

"Untuk itu berbagai hal telah disiapkan, sehingga kita pastikan masyarakat yang melakukan mudik akan mendapatkan rasa aman dan nyaman," tutup Alumni Akpol 91 ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: