Minyak Bintang Disebut Sebagai Media Pengobatan Ibu Ida Dayak

 Minyak Bintang Disebut Sebagai Media Pengobatan Ibu Ida Dayak

Minyak bintang.--loncengstore99

SUMEKS.COPengobatan Ibu Ida Dayak yang viral di media sosial menarik banyak perhatian warga diberbagai daerah yang didatangi. Betapi tidak, hanya dalam hitungan menit, orang yang sakit bisa sembuh. 

Ramai diperbincangkan bahwa Ibu Ida Dayak melakukan pengobatan dengan menggunakan media minyak bintang

Dikutip dari laman kemendikbud.go.id minyak bintang merupakan salah satu dari ilmu magis yang berkembang dalam masyarakat Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur

Minyak bintang sudah tercatat sebagai warisan budaya takbenda Indonesia. Disebutkan, tujuan orang mempelajari ilmu minyak bintang ini agar bisa bertahan dan menyerang musuh. 

BACA JUGA:Heboh Ibu Ida Dayak, Sembuhkan Penyakit Dengan Tarian Magis?

Dulu, ilmu ini dipelajari karena masih seringnya terjadi peperangan antar suku. Uniknya, ilmu minyak bintang ini dapat diperoleh dengan cara dibeli (temaai) sebesar lima sampai sepuluh antang. 

Lima sampai sepuluh antang, dulu nilai sangatlah besar sehingga tidaklah mengherankan bila jumlah orang yang mampu memiliki ilmu ini sangat sedikit. 

Orang yang memiliki ilmu minyak bintang disebutkan akan kurang berminat mempelajari ilmu lainnya. Istimewanya ilmu minyak bintang ini menurut kepercayaan masyarakat adalah dapat menghidupkan pemiliknya yang mati terbunuh. 

Konon, bila bintang-bintang di langit sudah nampak, niscaya pemilik ilmu ini akan dapat hidup kembali. 

BACA JUGA:Walah, Sekelas Panglima TNI Jenderal Andika saja Percaya Skill Mandraguna Ibu Ida Dayak

Cara pemakaian ilmu minyak bintang dengan meminum beberapa tetes minyak bintang pada malam hari dan itu diyakini dapat bertahan seumur hidup. 

Meskipun manjur minyak bintang juga ada batasnya. Dimana ilmu ini hanya bermanfaat bagi pemilik ilmu tetapi tidak dapat menolong orang lain. 

Selanjutnya ilmu minyak bibntang tidak akan berguna apabila pemilik ilmu ini ketika terbunuh organ tubuhnya dipotong-potong terpisah dan dikuburkan saling berjauhan sehingga pemilik ini tidak dapat hidup lagi. 

Nah, fungsi sosial dari ilmu minyak bintang pada masa lalu sebagai penambah semangat untuk membela sukunya masing-masing dalam perang suku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: