Mudik Gratis Pemprov Sumsel Laris Manis, Sisakan Rute AKDP

Mudik Gratis Pemprov Sumsel Laris Manis, Sisakan Rute AKDP

Ari Narsa.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kuota keberangkatan Mudik Gratis Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah tahun 2023 yang ditujukan kepada masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel), hanya menyisakan trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dengan rute Palembang-Lubuklinggau.

Tahun ini, Pemprov Sumsel bekerja sama dengan stakeholder dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali mengadakan program mudik gratis yang akan dilaksanakan pada 19 April mendatang.

Ari Narsa, kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel mengatakan, pada mudik gratis tahun ini, pemerintah menyediakan kuota 2.000 pemudik untuk dua moda transportasi yakni, 18 bus dan dua kereta api. Calon penumpang juga dibatasi dengan satu Kartu Keluarga (KK) hanya boleh mengikuti empat orang termasuk balita. Rinciannya, 700 pemudik diberangkatkan menggunakan bus dan 1.200 melalui jalur kereta api dengan rute tujuan dalam dan luar provinsi.

"Ya, yang tersisa hanya rute Palembang-Lubuklinggau saja," kata Ari Narsa saat dibincangi di Kantor Pemprov Sumsel, Senin 3 April 2023.

Diakui Ari Narsa, animo masyarakat yang mendaftar program mudik gratis tahun ini meningkat drastis. Terbukti dari mulai dibukanya pendaftaran hingga saat ini, kuota mudik gratis yang disediakan tersisa delapan persen lagi.

"Hampir semua rute sudah diisi calon pemudik. Sekarang hanya tersisa delapan persen untuk yang mendaftar," ujarnya.

Ari Narsa menambahkan, Pemprov bekerja sama dengan stakeholder dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Provinsi Sumsel diantaranya, Jasa Raharja, PT Pusri, PTBA, Bank Sumsel Babel (BSB), dan perusahaan lainnya.

"Kurang lebih melibatkan lima atau enam perusahaan BUMD dan BUMN," beber Ari Narsa.

Ari Narsa menuturkan, seluruh calon pemudik akan diberangkatkan serentak dari Terminal Alang-Alang Lebar (AAL), dan Stasiun Kereta Api Kertapati Palembang. Namun untuk jadwal keberangkatan calon pemudik tidak sama. Untuk yang menggunakan rute kereta api dimulai pukul 08.00 WIB di Stasiun Kertapati. Sedangkan, yang menggunakan rute bus dimulai pukul 09.30 WIB.

"Diberangkatkan dari satu titik tergantung moda transportasi yang digunakan," kata Ari Narsa.

Adapun moda transportasi yang menggunakan bus melayani dua trayek yakni Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Trayek AKDP di wilayah Sumsel yakni: 

1. Palembang-Lahat-Pagar Alam-Pendopo.

2. Palembang-Lahat-Tebing Tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: