BBPOM-Pemkab Banyuasin Sidak, Bahan Makanan ini Mengandung Bahan Berbahaya

BBPOM-Pemkab Banyuasin Sidak, Bahan Makanan ini Mengandung Bahan Berbahaya

Sidak BBPOM dan Pemkab Banyuasin di Pasar Sukajadi, Senin 3 April 2023. --

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kabupaten BANYUASIN, menemukan cendol berwarna merah yang mengandung bahan berbahaya di Pasar Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa, BANYUASIN, Senin 3 April 2023.

Tim gabungan yang terdiri dari Diskoperindag, BBPOM, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol PP dan Polres Banyuasin, menggelar sidak pasar guna menjamin bahan pangan terbebas dari peredaran bahan berbahaya selama Ramadan dan Idulfitri 1444 Hijriah.

Sasaran tim gabungan ini yakni takjil yang dijual pedagang di pasar tradisional seperti cendol, cincau, kolang kaling dan jajanan lainnya.

"Setelah dilakukan pengambilan 15 sampel, kami menemukan satu makanan yang mengandung bahan berbahaya yakni cendol warna merah," Asisten II Setda Banyuasin, HM Yusuf.

BACA JUGA:BBPOM Palembang Tegaskan Produk Kosmetik ini Sudah Terdaftar

Dikatakan Yusuf, 15 makanan yang diambil sampelnya itu merupakan bahan yang sering dijadikan takjil buka puasa seperti mie, cendol, cincau, dawet, tahu, dan lainnya.

Selain cendol warna merah, pihaknya juga menemukan bahan makanan yang dicurigai mengandung zat berbahaya dan perlu dilakukan pengujian di laboratorium lebih lanjut guna memastikan keamanan dan kesterilan makanan itu sendiri. 

"Kita juga menyita bahan pangan mengandung bahan berbahaya tersebut. Dan melakukan penelusuran produsen dengan pihak Polres Banyuasin untuk melakukan pengecekan langsung ke tempat produksinya," timpal Yusuf.

Selain Pasar Sukajadi, Yusuf mengungkapkan sidak pasar ini juga direncanakan bakal terus berlanjut di pasar pasar tradisional Banyuasin lainnya.

BACA JUGA:BBPOM Palembang Jadwalkan Sidak, Berharap Pedagang Jujur

Ini dilakukan agar tidak ada lagi oknum pedagang pasar nakal yang secara sengaja menjual bahan makanan mengandung zat berbahaya seperti formalin dan boraks.

"Ya, pasar lainnya di Banyuasin juga akan kita lakukan sidak,” tandas Yusuf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: