Dinas Perdagangan OKI Salurkan Bantuan Alat Berdagang Kepada IKM dan UKM

 Dinas Perdagangan OKI Salurkan Bantuan Alat Berdagang Kepada IKM dan UKM

Pedagang di Pasar Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir.-niskiah-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Dinas Perdagangan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memberikan bantuan peralatan yang dibutuhkan pedagang, Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM). 

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, Alamsyah melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, M Iqbal Rasyid SP MM, bantuan peralatan untuk berdagang berasal dari Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. Pihaknya hanya menyalurkan bantuan tersebut. 

"Kami menyalurkan bantuan saja kepada pelaku usaha di Kabupaten OKI. Ini bantuan dari Provinsi Sumsel. Jenis bantuannya macam macam," ungkap Iqbal, kepada SUMEKS.CO, Kamis 30 Maret 2023.

Dia menjelaskan, bantuan alat itu berupa etalase timbangan, vacum press, vacum sealer, box ikan dan bantuan lainnya. 

BACA JUGA:Info Harga di Pasar Kayuagung, OKI, Harga Daging Sapi Tembus Rp 150 Ribu/Kg

Untuk persyaratan penerima bantuan ini adanya KTP, KK, foto tempat usaha dan Surat Keterangan Usaha (SKU). 

Bantuan ini telah diberikan pada akhir tahun lalu kepada pedagang, IKM dan UKM yang berhak dan telah memenuhi persyaratan. Seperti pedagang ikan diberikan bantuan timbangan. Pedagang makanan diberikan etalase. Pedagang jualan minuman diberikan vacum sealer. 

"Bantuan yang diberikan sesuai dengan jenis jualan atau usaha. Satu pedagang diberikan satu bantuan alat saja," ujarnya. 

Dia menerangkan, untuk bantuan etalase diberikan kepada pedagang nasi dan makanan model. Pedagang ini memerlukan terdapat di Desa Muara Baru Kecamatan Kayuagung dan Kayuagung. 

BACA JUGA:Berbagi Paket Sembako di Bulan Penuh Berkah, Satres Narkoba Polres OKI Datangi Rumah Warga

Lanjutnya, untuk UKM diberikan bantuan vacum press terdapat di Kelurahan Cinta Raja Kayuagung. Kalau bantuan timbangan kepada pedagang ikan di Pasar Kayuagung. 

"Bantuan alat berdagang ini kurang lebih ada 100 unit dan telah diberikan semua dan sesuai persyaratan dan lengkap, serta tepat sasaran. Yakni pedagang yang memerlukan," jelasnya. 

Iqbal menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada Disdag Provinsi Sumsel yang telah memberikan bantuan alat tersebut. Berarti Provinsi peduli dengan pedagang di Kabupaten OKI dan masih perhatian. 

"Kita bersyukur diberikan bantuan dari Provinsi karena peduli dengan OKI dan diperhatikan khususnya untuk pedagang," tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: