Warga Desa Suka Merindu Muara Enim Mulai Terima BLT Dana Desa

Warga Desa Suka Merindu Muara Enim Mulai Terima BLT Dana Desa

Suasana pembagian BLT desa Suka Merindu Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim.--dok : sumeks.co

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Warga Desa Suka Merindu, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim mulai menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD).

Adapun pelaksanaan pembagian BLT DD di lakukan di Kantor Desa dengan di saksikan Tripika, serta BPD, dan warga oleh pemerintah Desa Suka Merindu.

BLT DD dibagikan kepada 63 warga penerima manfaat dari hasil verifikasi berhak menerima bantuan itu. Masing-masing warga menerima BLT sebesar Rp 900 ribu untuk 3 bulan, dari Januari, Februari, dan Maret 2023.

Menurut Kepala Desa Suka Merindu, Derrohman menerangkan, BLT ini sangat bermanfaat untuk warga yang tidak mampu, dan sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

BACA JUGA:Budiman Napiter asal Kabupaten Muara Enim Ucap Ikrar Setia kepada NKRI

Dia mengatakan, di bandingkan dari tahun 2022 lalu, penerima bantuan menurun. Di mana tahun lalu sebanyak 134 Keluarga Penerima Manfaat atau KPM dan tahun 2023 ini menjadi 63 KPM berdasarkan hasil verifikasi oleh tim.

Adapun rincian BLT DD tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2022 itu sebanyak 134 KPM. Namun untuk tahun ini setelah di lakukan verfikasi dan validasi maka ada pengurangan dari pusat untuk tahun anggaran 2023 itu tersisa sebanyak 63 kuasa penerima manfaat (KPM).

“Untuk jumlah KPM yang ada ini  pihaknya sudah mengambil anggaran 25 persen dari dana desa sesuai aturan dari kementrian keuangan dan kemeterian desa minimal 10 persen dan maksimal 25 persen dari dana desa,” ungkap Derrohman, dikutip enimekspres.bacakoran.co terbit Kamis 30 Maret 2023.

Penyerahan BLT itu di saksikan Camat Sungai Rotan, Abdull Haris SIP MSi dia berpesan kepada penerima bantuan BLT ini agar bisa membelanjakan sesuai dengan keperluan pokok sehari-hari.

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Jalin Kerjasama dengan 5 Perguruan Tinggi

"Saya harapkan kepada bapak-ibu penerima BLT DD ini, tolong digunakan dana ini dengan sebaik baiknya dan bila perlu disisihkan untuk membayar fitrah,” tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: