Atur Pengeluaran Anda di Bulan Ramadan

Atur Pengeluaran Anda di Bulan Ramadan

Ilustrasi.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ramadan merupakan bulan suci yang penuh keberkahan, ampunan, dan rahmat serta kasih sayang dari Allah SWT.

Diwajibkan kepada seluruh orang Islam yang beriman untuk melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadan dengan tujuan agar menjadi orang-orang yang bertakwa.

Seperti dinyatakan pada QS Al-Baqarah 183 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Tahukah kamu, jika bulan Ramadan ini berpeluang besar untuk mengatur keuangan.

Mengapa mengatur keuangan di bulan Ramadan penting? Hal itu dikarenakan kita dapat mempersiapkan tabungan untuk keperluan mendatang, termasuk bisa dipergunakan untuk Lebaran tahun ini.

BACA JUGA: Ini Tanggapan Jaksa-Pengacara Perihal Kwitansi Pengeluaran Fiktif Bawaslu Muratara

Lantas bagaimana cara mengatur keuangan di bulan yang penuh berkah ini? Berikut SUMEKS.CO merangkum tips mengatur keuangan di Bulan Ramadan :

1. Buat Daftar Pengeluaran dan Pemasukan

Anda harus membuat daftar yang jelas untuk menentukan prioritas kamu dalam mengalokasikan penghasilanmu. Hal ini agar kita mengetahui berapa jumlah kebutuhan rutin dan pemasukan dalam sebulan, agar dapat efisiensi keuangan.

2. Selalu Catat Pengeluaran Harian

Hal ini perlu dilakukan untuk memantau ke mana saja uang yang kamu habiskan selama satu hari. Catatan ini dapat dipakai untuk mengingatkan diri Anda untuk terus berhemat dan mengeluarkan uang seperlunya saja.

3. Tahan Keinginanmu untuk Berbelanja

BACA JUGA:Aldi Bragi-Ririn Dwi Ariyanti Cerai, Cekcok Soal Pengeluaran Keuangan

Penuhi dulu semua kebutuhanmu selama bulan ini, setelah itu barulah pakai uangmu untuk berbelanja. Jika Anda menahan keinginan berbelanja dapat bulan Ramadan, uang yang digunakan untuk belanja sesuatu yang tidak begitu penting, maka dapat ditabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: