Mau Kuliah Langsung Kerja? Daftar Sekolah Kedinasan ini

Mau Kuliah Langsung Kerja? Daftar Sekolah Kedinasan ini

Ilustrasi. foto: dendi romi sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kabar baik bagi lulusan SMA sederajat  yang akan melanjutkan studi ke sekolah kedinasan. Sebab, mulai 1 April Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi membuka peluang kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk menempuh pendidikan di sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Pendaftaran sekolah ini sendiri dibuka hingga 30 April mendatang.  Kebutuhannya mencapai 525 formasi. Jadi, jika lulus pendidikan nanti, Anda bisa jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Informasi lebih lanjut bisa mengakses link : https://catar.kemenkumham.go.id/

Politeknik Pemasyarakatan dulunya Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP). Didirikan atas pertimbangan adanya kebutuhan sumber daya manusia di bidang Pemasyarakatan yang mendesak sehubungan dengan adanya perubahan sistem perlakuan terhadap pelanggar hukum di Indonesia dari Sistem Kepenjaraan menjadi Sistem Pemasyarakatan.

BACA JUGA:Ingin Jadi Abdi Negara, Lusa Dibuka Pendaftaran Sekolah Kedinasan

AKIP didirikan pada 24 Oktober 1964. Sebagai Kawah Candradimuka kader-kader Pemasyarakatan di Indonesia dan memiliki tugas pokok melaksanakan pendidikan pada jalur pendidikan profesional program Diploma IV yang ditujukan pada keahliaan khusus di bidang Pemasyarakatan.

Sementara, Poltekim (Politeknik Imigrasi) merupakan pendidikan kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Hukum dan HAM RI. Didirikan pada 1962 dan sempat terhenti sebelum kemudian difungsikan kembali pada 2000.

Poltekim mencetak kader pimpinan di lingkungan Ditjen Imigrasi dan Kemenkumham masa depan. Lulusannya kelak akan ditempatkan di seluruh kantor imigrasi di Indonesia dan atau di perwakilan imigrasi di luar negeri.

Bagi lulusan Akademi Imigrasi yang telah diwisuda akan mendapat Brevet Pejabat Imigrasi (PI) dan langsung mengikuti Pendidikan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Pusat Pendidikan Reserse dan Kriminal Polri di Cisarua, Bogor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: