Bulan Puasa Pedagang Kelapa Muda di Kayuagung, Raup Untung Berlipat

Bulan Puasa Pedagang Kelapa Muda di Kayuagung, Raup Untung Berlipat

Pedagang jualan dogan di Kayuagung, Ogan Komering Ilir, yang selalu ada di bulan puasa. -niskiah-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Bulan Suci Ramadhan, bulan penuh berkah bagi pedagang makanan, buah-buahan dan minuman. Betapa tidak haris semua pedagang laris manis. 

Seperti pedagang buah kelapa muda alias dogan, di Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir yang meraup untung berlipat setiap harinya.

Jualan dogan ini selalu marak setiap bulan puasa. Di sudut sudut kota Kayuagung sangat mudah dijumpai pedagang dogan. Rata-rata satu dogan dijual pedagang seharga Rp 10.000. 

Angga, salah satu pedagang dogan di Kayuagung mengatakan, sudah biasa berjualan dogan setiap tahun di bulan puasa. Dalam sehari bisa membawa sebanyak 150 dogan. 

BACA JUGA:Berbagi Paket Sembako di Bulan Penuh Berkah, Satres Narkoba Polres OKI Datangi Rumah Warga

"Galak bawa 150 buah dogan yang dijual kalau lagi ramai bisa 100 buah laku terkadang hanya 80 buah. Tidak tentu lah," ujar Angga, Rabu, 29 Maret 2023.

Dikatakan Angga, dogan yang dijual berasal dari Desa Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir (OI). Desa ini berbatasan dengan Kayuagung. Rata-rata dogan yang dijual oleh pedagang di Kayuagung ini berasal dari Desa Sungai Pinang. 

"Alhamdulilah jualan dogan ini bisa dapat untung setiap harinya meskipun tidak begitu besar," ucap Angga, warga Desa Sungai Pinang. 

Sambungnya, berjualan dogan ini tidak bisa mengambil untung yang besar karena yang berjualan dogan banyak. Setiap tahun pedagang yang jualan dogan di Kayuagung juga terus bertambah. 

BACA JUGA:Ketua DMI Kabupaten OKI : Jangan Jadikan Rumah Ibadah Tempat Berpolitik

Jadi kata Angga, kalau jualan dogan dengan harga mahal jelas orang mencari pedagang yang lebih murah. Terkadang dogan dijual Rp 8.000 per buah bila mendekati berbuka puasa. 

Angga berjualan dogan mulai siang hingga sampai waktu berbuka puasa. Sekira pukul 12.00 WIB dogan dogan yang dijual sudah disiapkan untuk di bawa ke Kayuagung dengan menggunakan sepeda motor. 

Ardian, salah satu pembeli menuturkan, dogan merupakan minuman wajib saat berbuka puasa. Setiap hari membeli dogan. 

"Sudah jadi minuman wajib yang harus ada saat berbuka apalagi cuaca lagi panas. Sering beli 2 buah setiap harinya," tukasnya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: