Bulan Ramadhan Warga Binaan Lapas Kayuagung Isi kegiatan Tadarus Al-Quran

Bulan Ramadhan Warga Binaan Lapas Kayuagung Isi kegiatan Tadarus Al-Quran

Warga binaan Lapas Kayuagung mengikuti tadarus Al-Qur'an di Masjid Darul Hikmah Lapas Kayuagung, Selasa 28 Maret 2023.--dok : sumeks.co

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah  yang penuh dengan berkah, dimanfaatkan Warga Binaan Pemasyarakatannya (WBP) Lapas Kelas IIB Kayuagung dengan tadarus Al-Quran. 

"Iya untuk selama bulan puasa ini kita memberikan kesempatan kepada Warga Binaan Lapas untuk melaksanakan kegiatan Tadarus Al-Qur'an bersama," kata Kepala Lapas Kelas IIB Kayuagung, Reza Meidiansyah Purnama, Selasa 28 Maret 2023.

Diungkapkan Reza, kegiatan tadarus Al-Quran ini telah bekerjasama dengan penyuluh dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Kegiatan tadarus Al-Quran ini, disampaikan Reza, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di Masjid Darul Hikmah Lapas Kayuagung

BACA JUGA:Kalapas Kayuagung Hadiri HUT BNN Kabupaten OKI ke-21

Yakni guna meningkatkan keimanan dan taqwa bagi WBP  Lapas khususnya yang beragama Islam serta sebagai sarana memperbaiki diri selama menjalankan pembinaan di Lapas Kayuagung ini. 

Kalapas Kayuagung Kemenkumham Sumsel, yang didampingi Kasubsi Registrasi dan Bimkemas, Sugito mengatakan, kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan jadi bukan hanya tadarus Al-Quran saja. Kegiatan ini diikuti oleh 54 orang WBP.

Para warga binaan ini terdiri dari 14 orang kegiatan Tadarus Al-Qur'an,  20 orang WBP belajar Tajwid, 12 orang WBP belajar Iqra, dan 8 orang remaja WBP belajar mengahafal ayat-ayat pendek Al-Qur'an. 

"Kegiatan tadarus Al-Quran ini sudah menjadi kegiatan yang rutin dilakukan di Lapas Kayuagung dan lebih dikhususkan lagi ketika bulan suci ramadhan seperti ini," terangnya. 

BACA JUGA:1 Warga Binaan Lapas Kayuagung Terima Remisi Hari Raya Nyepi

Ditambahkan, tentu saja kegiatan Tadarus Al-Qur'an ini selain untuk mendapatkan pahala yang berlipat. Juga diharapkan dapat memperbaiki kepribadian rohani para warga binaan dan dapat lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Esa. 

Lebih Lanjut Kalapas menambahkan selama bulan Suci Ramadhan kegiatan di Lapas Juga diisi dengan pembelajaran baca tulis Al-Qur'an hingga sholat tarawih bersama.

"Marilah kita berlomba-lomba untuk mencari pahala pada bulan suci yang penuh berkah ini dengan memperbanyak ibadah baik yang wajib maupun sunnah. Salah satunya dengan mengisi kegiatan dengan Tadarus Al-Qur'an," pungkasnya. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: