6 Keris Benda Pusaka Besemah Pagaralam

6 Keris Benda Pusaka Besemah Pagaralam

Rituan pemandian benda pesake Besemah Pagaralam.--dok : sumeks.co

PAGARALAM, SUMEKS.COKota Pagaralam, Sumatera Selatan memiliki banyak benda pusaka atau pesake yang merupakan nenek moyang. 

Beragam jenis pesake khas Besemah Pagaralam itu, enam diantaranya dibersihkan pada Ritual Pembersihan Pesake, bertempat di halaman SD Negeri 74 Kota Pagaralam, Kompleks Perkantoran Gunung Gare, beberapa hari lalu.

Ritual Pembersihan Pesake digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagaralam. 

Berikut 6 benda pusaka Besemah Pagaralam tersebut : 

BACA JUGA: Jaga dan Lestarikan Benda Pusaka, Disdikbud Pagaralam Gelar Ritual Pembersihan Pesake

1.Keris (Keghis) Iras Semidang Kancing

Keris  Iras Semidang Kancing berada di daerah Tanjung Pasai, Kota Pagaralam. Merupakan pesake dari Sumbay Mangku Anom. 

Keris  Iras Semidang Kancing sudah berusia sangat tua dan bisa digunakan pada saatorang ribut ( jeme ribut), orang hilang ( jeme lenget) hingga orang hilang (jeme lenget) di hutan.

Pada saat orang ribut, Keris Iras Semidang Kancing ini dikeluarkan, sebagai peredam atau penenang kedua belah pihak yang tengah bersitegang atau bertikai. 

"Keghis Iras Semidang Kancing gune nek pelindung, kandek ngelindungi masyarakat di dusun bila ada yang ribut dan bersitegang, bisa tenang dan damai,” jelas Sukandi, mewakili Jurai Tue Sumbay Mangku Anom.

BACA JUGA: Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam Usulkan 6 Lokasi Kampung Iklim

2.Balau Kelias 

Balau Kelias, juga berasal dari  daerah Tanjung Pasai, Kota Pagaralam. Merupakan pesake dari Sumbay Mangku Anom. Digunakan sebagai penangkal binatang buas.

“Balau Kelias, berguna untuk penangkal binatang. Untuk Kelias sendiri anti api, digunakan di depan rumah bila ada kebakaran Insyaa Allah api tadi redam," jelas Sukandi, mewakili Jurai Tue Sumbay Mangku Anom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: