Slot untuk Pendaftaran Mudik Gratis Kapal Laut dan Kereta Api Kuotanya Masih Tersedia

Slot untuk Pendaftaran Mudik Gratis Kapal Laut dan Kereta Api Kuotanya Masih Tersedia

Kemenhub imbau tidak gunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh. --

SUMEKS.CO, Ini imbauan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) kepada para pemudik. Isinya agar tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik dengan perjalanan yang jauh.

Mengingat potensi kecelakaan dengan sepeda motor sangat tinggi.

Solusinya dengan menggunakan program pemerintah yaitu Mudik Gratis. Mudik Gratis ini digelar oleh Kementrian Perhubungan.

Ya, mudik gratis menjadi salah satu upaya pemeritang mengantisipasi melonjaknya orang pulang kampung, jelang Idul Fitri. Khususnya mereke yang menggunakan sepeda mtor.

Diprediksi pengguna sepeda motor akan mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudin tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

Hal ini terungkap dari Media Briefing bertama Perisiapan Angkutan Lebaran, di Jakarta Jumat 24 Maret 2023.Hadir pelaksana harian Dirjen Perhubungan Laut Capt Antoni arif Priadi, Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto dan Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Djarot Tri Wardhono.

Menurut Suharto, sejak dibuka 13 Maret 2023 memang pendaftranya sudah penuh. Namun kemungkinan kuota dibuka lagi. Ada 24.072 penumpang yang terdaftar dengan disediakan 585 unit bus.

BACA JUGA:Hadapi Lonjakan Arus Mudik 2023, Telkomsel Siagakan Kualitas Jaringan Mobile

''Jika pendaftar tidak melakukan validasi ya nanti dianggap batal,''jelasnya. ''Maksimal 7 hari setelah pendaftaran harus validasi,''tambahnya.

Kouota yang masih tersedia adalah, program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api yang menyediakan kapasitas hingga lebih dari 46 ribu penumpang dan lebih dari 10 ribu unit sepeda motor untuk arus mudik dan balik. ''Ini yang masih tersedia,'' jelasnya.

Menurut Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Djarot Tri Wardhono, menjelaskan, sejak dibuka pendaftarannya pada 1 Maret 2023 lalu, hingga kini jumlah total yang telah terdaftar sebanyak 3.094 penumpang dan 1.994 motor.

Djarot mengungkapkan, ada tiga hal baru dari program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api yang diselenggarakan pada tahun ini yaitu: 

Pertama, motor dan penumpang diangkut dengan kereta api yang sama (Kereta AC Ekonomi). 

Kedua, penerapan harga tiket yang relatif murah berkisar Rp10.000 - Rp20.000 bagi penumpang sesuai jarak lintasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: