Cegah Balapan Liar di Kayuagung, 14 Motor Diamankan

Cegah Balapan Liar di Kayuagung, 14 Motor Diamankan

Petugas Satlantas Polres OKI mengamankan balapan liar yang dilakukan remaja Kota Kayuagung. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sebanyak 14 unit kendaraan bermotor tanpa kelengkapan surat terjaring personel Polres OKI saat patroli di hari ketiga Bulan Ramadan.

Kapolres OKI AKBP Dili Yanto SH MH melalui Paursubbagdalops Bagops, Iptu Ilham Parlindungan SH mengatakan, belasan sepeda motor ini telah diamankan oleh personel Polres OKI karena hendak melakukan balapan liar atau kebut-kebutan di sekitar jalan Kota Kayuagung. Serta tidak ada surat menyurat yang lengkap. Termasuk juga ada sebagian sepeda motor ini diamankan karena pemiliknya tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat-surat. Sehingga terpaksa diamankan. 

"Mulai puasa pertama hingga saat ini ada 14 motor yang diamankan oleh tim mobile Polres OKI yang dilaksanakan malam hari hingga subuh," kata Ilham kepada SUMEKS.CO, Sabtu 25 Maret 2023.

Ilham menjelaskan, personel mobile bergerak di atas pukul 22.00 WIB menyusuri lokasi lokasi di jalan protokol Kayuagung yang sering dijadikan tempat balapan liar. Termasuk lokasi yang rawan. 

BACA JUGA:Tiga Motor Balapan Liar Diamankan, Pemiliknya Kabur

Dimana semakin malam akan semakin tinggi tingkat kerawanannya. Oleh karena itu, polres tetap mengimbangi dengan upaya-upaya pencegahan dari kegiatan mobile dari regu yang bertugas setiap malam. 

"Saat di lokasi ditemukan anak anak remaja berkumpul dengan sepeda motornya yang saat dilakukan pemeriksaan tidak dapat menunjukkan surat sah kendaraannya. Sehingga kita jaring," ujarnya.

Lanjutnya, adanya kegiatan mobile personel selama bulan puasa ini bertujuan mengantisipasi Gangguan Kamtibmas dengan sasaran balapan liar serta petasan. Termasuk kriminalitas lainnya selama Bulan Suci Ramadan ini. 

"Harapan kami ini dapat memberikan efek jera untuk kesadaran serta edukasi pembelajaran para remaja atau anak muda Kayuagung," jelasnya. 

Sehingga dengan begitu mereka tidak akan ada peluang untuk melakukan aksi balapan liar, menyalakan petasan di waktu subuh dan sebagainya. Personil juga menyita beberapa petasan. 

BACA JUGA:Cegah Balapan Liar, Satlantas Polrestabes Palembang Rutin Razia

Ilham menambahkan, selain pada malam hari, tim personel Polres OKI juga melaksanakan kegiatan mulai pukul 16.00 WIB dengan melakukan pengaturan lalu lintas. Khususnya di persimpangan serta daerah-daerah rawan kemacetan. 

"Pada sore hari kemacetan sering terjadi karena tingginya mobilitas masyarakat dengan tujuan mencari makanan berbuka. Sehingga personel ikut membantu petugas Satlantas mengurai kemacetan," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: