Bawaslu Kota Pagaralam Laksanakan Bimtek

Bawaslu Kota Pagaralam Laksanakan Bimtek

Bawaslu Kota Pagaralam menggelar Bimtek di Aula Hotel Favour, Pagaralam.-almi-

PAGARALAM, SUMEKS.CO – Menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Bawaslu Kota Pagaralam melaksanakan Bimtek dengan mengusung tema 'Fasilitasi Sentra Gakkumdu Tahapan Pemuktahiran Data Pemilu dan Penyusunan Daftar Pemilih,' bertempat di Aula Hotel Favour.

Kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh Tim Gakkum Kota Pagaralam, Bawaslu Kota Pagaralam dan Panwaslu Kecamatan, Jumat, 24 Maret 2023.

Ketua Bawaslu Kota Pagaralam, Budi Edi Ahmadi mengatakan sistem Pemilu merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan hasil maupun keberhasilan proses Pemilu itu sendiri. 

"Kita sama-sama ketahui saat ini pemutakhiran data pemilih sudah dilaksanakan. Karena itu Bawaslu Provinsi berpesan kepada kita jika ada pendataan yang salah langsung untuk mengawal," bebernya.

BACA JUGA:Ajang PPD Tahun 2023, Wako Pagaralam : Alhamdulillah Masuk 10 Besar

Tambah Edi, dengan adanya Tim Gakkum ini nantinya bisa bekerjasama dalam penanganan pelanggaran-pelanggaran Pemilu.

Sementara Kapolres Pagaralam, AKBP Erwin Irawan SIK MH melalui Kasat Reskrim, AKP Mursal Mahdi SE MM mengatakan sebentar lagi akan menghadapi Pemilu serentak, untuk sekarang ini beda dengan dulu, kalau dulu tidak serentan dan sekarang serentak.

"Yang mengikuti kegiatan ini merupakan ujung tombak dari kesuksesan Pemilu serentak. Kita harus bisa memisahkan pelanggaran, baik pelanggaran pidana Pemilu atau tidak, karena Undang-Undang Pemilu ini tersendiri, beda dengan Undang-Undang lainnya. Mari kita bekerjasama dalam menyukseskan pemilu, karena kesuksesan pemilu tergantung pada kita," imbaunya.

Di tempat yang sama Kejari Pagaralam, Fajar Mufti SH MH menuturkan salahsatu kualitas dari pelaksana Pemilu adalah satu; yaitu validasi data Pemilu, karena pemutakhiran Pemilu merupakan tahapan yang sentral. 

BACA JUGA:Rekrutmen Paskibraka di Kota Pagaralam Tahun Ini Dibuka Secara Online Lewat Aplikasi Perisai Paskibraka BPIP

"Pintu masuk permasalahan yaitu data Pemilu," katanya.

Pemuktahiran data lanjut Fajar, sangatlah penting untuk kesuksesan Pemilu. Pemutakhiran validasi ini haruslah sangat kuat. 

Di dalam lembaga Bawaslu Panwascam merupakan ujung tombak, keberhasilan pesta demokrasi ada di tangan mereka. 

"Jadi kami berharap demi kesuksesan Pemilu serentak, lakukan tugas dengan sebenar-benarnya," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: