Ini Cerita Singkat Pemuda Kendari Lulus Jadi Tentara AS

Ini Cerita Singkat Pemuda Kendari Lulus Jadi Tentara AS

Benaia Manasye Lintjewas. foto: dok pribadi--

KENDARI, SUMEKS.CO - Publik Tanah Air dikejutkan dengan kabar seorang pemuda asal KENDARI, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang lulus menjadi tentara Amerika Serikat (AS). Dia adalah Benaia Manasye Lintjewas (21).

Tak hanya lulus dan diterima sebagai prajurit di Negeri Paman Sam, Benaia Manasye Litnjewas juga dinobatkan sebagai lulusan terbaik karena memiliki nilai tertinggi di angkatannya.

Kakak ipar Benaia Manasye Lintjewas, Samuel Benihin Pangaibali membenarkan jika adik istrinya itu lulus menjadi tentara Amerika Serikat.

"Dia punya nilai paling tinggi di angkatannya," kata Samuel Benihin Pangaibali kepada detikcom, Jumat 24 Maret 2023.

Beni, -panggilan Samuel Benihin Pangaibali ini- mengatakan bahwa pihak keluarga tidak heran jika Benaia lulus sebagai tentara AS. Sebab, sang adik ipar selama ini dikenal sebagai anak yang cerdas.

BACA JUGA:Gempa Kendari, Getarannya Hingga di Konawe dan Kolaka

"Memang anak ini dia pintar, urus SIM saja 5 menit ji selesai," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa status kewargenagaraan Benaia Manasye Litnjewas sebelumnya adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Namun setelah lulus sebagai tentara, Benaia dipastikan akan menjadi warga negara Amerika Serikat.

"Jadi dia (daftar) masih warga Indonesia karena masih pakai green card. Tapi pas pelantikan tentara Amerika itu otomatis warga negaranya akan berganti. Berproses menjadi WN Amerika karena dia sudah masuk tentara Amerika," tuturnya.

Diakui Beni, sang adik mengikuti seleksi calon tentara AS sekitar 6 bulan lalu dan langsung diterima. Benaia kemudian lanjut pendidikan kejuruan selama tiga bulan penuh dan pendidikan di kamp pelatihan selama tiga bulan penuh.

"Setelah lulus mereka dikirim pendidikan, 3 bulan pendidikan untuk kejuruan dan 3 bulan untuk bootcamp-nya. Nah yang viral kemarin itu pas kelulusan bootcamp," ungkapnya.

BACA JUGA:Gubernur Jambi Fasilitasi Generasi Penerus Suku Anak Dalam Masuk Pesantren, 1 Jadi Tentara, 2 Jadi Polisi

Sang adik ipar sendiri, lanjut Beni, tidak mengetahui menjadi perbincangan di kampung halamannya karena diterima sebagai tentara AS. 

"Sekarang dia lagi bertugas di Virginia dan sampai sekarang Benaia tidak tahu viral di Indonesia. Selama pendidikan mereka tidak bisa akses elektronik karena masih sementara penugasan," tukasnya. (detik.com/dom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: